AS Ingatkan Korut: Kami Tidak Main-Main Lagi

Willy Haryono    •    Senin, 07 Aug 2017 09:05 WIB
korea utaranuklir korea utara
AS Ingatkan Korut: Kami Tidak Main-Main Lagi
Dubes AS untuk PBB Nikki Haley. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) telah memutuskan secara bulat untuk menjatuhkan serangkaian sanksi baru terhadap Korea Utara, dalam upaya menghentikan ambisi senjata nuklirnya. 

Proposal resolusi yang diusulkan Amerika Serikat (AS) berhasil diloloskan dengan perolehan suara dukungan 15 melawan 0. Resolusi ini bahkan mendapat dukungan dari Tiongkok dan Rusia, dua negara sekutu Korut. 

"Ini saatnya bagi Korut untuk menyadari bahwa kami sudah tidak bermain-main lagi," kata Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, dalam program Sunday Morning Futures di saluran televisi Fox News, Minggu 6 Agustus 2017. 

"Sepertiga ekspor perdagangan mereka telah terkena sanksi, dan kami juga menendang Korut dengan serangkaian sanksi baru bernilai satu miliar dolar yang akan langsung mereka rasakan," lanjut Haley.

Resolusi DK PBB melarang semua ekspor batu bara, besi, bijih besi, timbal, bijih timbal dan makanan laut dari Korut. Sanksi juga membatasi jumlah pekerja Korut yang dikirim ke luar negeri, serta melarang sejumlah negara untuk bergabung atau berinvestasi di perusahaan Korut. 

Selain itu, resolusi juga menambahkan sembilan orang dan empat entitas -- termasuk bank penting Korut -- ke daftar hitam PBB.

Korut menguji coba dua misil balistik antarbenua (ICBM) bulan lalu. Peluncuran mengejutkan banyak pihak, termasuk Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon. ICBM milik Korut diyakini mampu mencapai daratan utama AS. 

Pentagon memprediksi Pyongyang akan memiliki ICBM yang siap pakai pada 2018. 

Uji coba ICBM semakin meningkatkan ketegangan yang dipicu ulah pemimpin Korut Kim Jong-un. AS merespons dua peluncuran ICBM dengan menerbangkan dua pesawat pengebom di Semenanjung Korea. Angkatan Udara AS juga melakukan ICBM milik mereka sendiri di California. 




(WIL)