Badai Newton Tewaskan Dua Orang di Meksiko

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Sep 2016 15:34 WIB
topan badai
Badai Newton Tewaskan Dua Orang di Meksiko
Dua pria berenang di pantai Los Cabos, Meksiko, usai berlalunya Badai Newton, 7 September 2016. (Foto: AFP/FERNANDO CASTILLO)

Metrotvnews.com, Los Cabos: Badai Newton menumbangkan pepohonan, merusak sejumlah rumah dan menewaskan dua orang saat melintasi sepanjang semenanjung Baja California, Meksiko, Selasa (6/9/2016). 

Angin ribut dengan kecepatan putaran mencapai 145 kilometer per jam akhirnya tiba di ujung Baja California setelah beberapa hari sebelumnya terbentuk di Pasifik. 

Beruntung, area wisata Los Cabos terhindar dari kerusakan masif, setelah dua tahun sebelumnya sempat dihantam Badai Odile. Ketika itu, badai menewaskan enam orang dan menimbulkan kerugian hingga USD1 miliar. 

"Menurut laporan terbaru, #Newton hanya menimbulkan kerusakan ringan terhadap infrastruktur," tutur Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di akun Twitter, seperti dikutip AFP

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) melaporkan kecepatan angin Newton melemah menjadi 120 km/jam dan bergerak ke arah Teluk California. 


Badai Newton di perairan Meksiko. (Foto: AFP)

Newton diprediksi melintasi Teluk California dan mendarat untuk kali kedua di pulau utama Meksiko, untuk seterusnya bergerak ke negara bagian Arizona, AS. 

Badai terbaru di Meksiko menenggelamkan sebuah kapal penangkap udang di perairan antara Laut Cortez dan Pasifik. Dua orang tewas dan tiga lainnya hilang dalam kejadian tersebut. 

Dua jasad korban Newton ditemukan terdampar di pesisir. Kepala Badan Perlindungan Sipil Los Cabos, Marco Antonio Vazquez, mengatakan kru kapal tersebut tidak mengindahkan larangan melaut. 

Sejumlah hotel di Los Cabos mengalami kerusakan ringan, namun 14 ribu turis yang berada di sana relatif aman. Sekitar 1.500 orang berlindung di beberapa penampungan, namun sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing.

Aliran listrik di beberapa titik di Los Cabos dan La Paz terputus, sementara jaringan telepon masih belum stabil.


(WIL)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

20 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA