Trump Memulai Tur 11 Hari ke Asia

Willy Haryono    •    Sabtu, 04 Nov 2017 09:41 WIB
donald trumppemerintahan as
Trump Memulai Tur 11 Hari ke Asia
Presiden AS Donald Trump bersama Ibu Negara Melania tiba di Komando Pasifik AS di Hawaii, Sabtu 4 November 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hawaii: Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memulai tur sebelas hari menuju Asia, dimana dirinya akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Vietnam dan Filipina. 

Seperti dilansir BBC, Sabtu 4 November 2017, ini akan menjadi tur Asia terpanjang dari seorang presiden AS dalam 25 tahun terakhir. 

Kunjungan berlangsung saat terjadi ketegangan antara AS dengan Korea Utara terkait program nuklir dan misil balistik. Trump diyakini akan merapatkan barisan dengan Korsel dan Jepang, serta menekan Tiongkok untuk lebih keras terhadap Korut.

Mengawali tur, Trump terlebih dahulu terbang ke Hawaii untuk bergabung dalam sesi pemaparan di Komando Pasifik AS, Jumat 3 November malam waktu setempat. Ia kemudian akan mengunjungi USS Arizona Memeroial di Pearl Harbor -- tempat terjadinya serangan oleh militer Jepang yang menarik AS ke panggung Perang Dunia II. 

Dari Hawaii, Trump dan Ibu Negara Melania akan bertolak ke Jepang dan kemudian Korsel. 

Trump telah terlibat perang kata-kata dengan pemimpin Korut Kim Jong-un atas program misil dan nuklir. Sejumlah ajudannya mengatakan Trump tidak akan pergi ke Zona Demiliterisasi atau DMZ yang membelah Korut dan Korsel. 

Ia hanya akan datang ke Kamp Humphreys, sebuah kompleks militer AS di wilayah selatan dari Seoul. 

Di vietnam, Trump akan menghadiri KTT APEC dan melakukan kunjungan kenegaraan ke Hanoi. Dari sana, ia akan menghadiri KTT ASEAN di Manila, Filipina. 

Terakhir kalinya seorang presiden AS melakukan kunjungan maraton ke AS adalah di era George HW Bush pada akhir 1991 dan awal 1992. Saat berada di Jepang ketika itu, Bush sempat muntah dan pingsan saat jamuan makan.


(WIL)