Trump Berjanji akan Turunkan Biaya Perkuliahan di AS

Willy Haryono    •    Jumat, 23 Sep 2016 11:06 WIB
pemilu as
Trump Berjanji akan Turunkan Biaya Perkuliahan di AS
Donald Trump dalam kampanye di Aston, Pennsylvania, 22 September 2016. (Foto: AFP/Getty/MARK WILSON)

Metrotvnews.com, Philadelphia: Donald Trump berjanji akan menurunkan biaya perkuliahan di sejumlah universitas Amerika Serikat jika dirinya memenangkan pemilihan umum pada November mendatang. 

Trump berencana mengaitkan anggaran pendanaan federal dan kebijakan pajak untuk mendorong pihak kampus mengurangi uang masuk serta biaya-biaya lainnya yang dibayarkan mahasiswa. 

"Jika universitas ingin mendapatkan kelonggaran pajak, maka mereka harus bisa menurunkan biaya perkuliahan," ujar Trump dalam sebuah kampanye di Philadelphia, seperti dilansir Reuters, Kamis (22/9/2016). 

Pengusaha real-estate yang diusung Partai Republik itu tidak memaparkan secara spesifik bagaimana dirinya akan mengaitkan anggaran pendanaan federal dengan perubahan biaya perkuliahan 

Sementara rivalnya, Hillary Clinton dari Partai Demokrat, berencana menggratiskan biaya perkuliahan kepada keluarga yang pendapatan per tahunnya hanya USD85 ribu. Pada 2021, biaya perkuliahan gratis akan didapat keluarga yang pendapatannya hanya USD125 per tahun. 

Bernie Sanders, orang Demokrat yang sempat bersaing menjadi nominasi dengan Clinton, menjadikan masalah biaya perkuliahan sebagai fokus kampanyenya. Ketika itu, Sanders mendapat dukungan dari kalangan muda AS. 

Menurut data New York Federal Reserve, nilai dari utang mahasiswa dalam perkuliahan di seluruh AS meningkat sekitar 24 persen dari USD1,2 triliun sejak 2012.


(WIL)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

10 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA