Debat Cawapres AS 2016

Pence Bantah Trump Kagumi Sosok Putin

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Oct 2016 09:47 WIB
pemilu as
Pence Bantah Trump Kagumi Sosok Putin
Tim Kaine (kiri) dan Mike Pence (kanan) dala debat cawapres di Longwood University, Virginia, AS, 4 Oktober 2016. (Foto: AFP/MARK WILSON)

Metrotvnews.com, Virginia: Mike Pence membantah Donald Trump selalu memuji-muji sosok Presiden Rusia Vladimir Putin selama masa kampanye. 

Dalam debat cawapres Amerika Serikat di Longwood University, Selasa (4/10/2016), ia menyebut justru Putin lah yang mengagumi sosok Trump. Moderator debat Elaine Quijano kemudian menanyakan apa yang dikagumi Putin dari Trump. 

"Kekuatan, sesederhana itu," ucap Pence. 

Pence menegaskan AS adalah negara yang jauh lebih kuat dari Rusia. Namun menurutnya, Presiden Barack Obama masih kalah dalam banyak hal jika dibandingkan dengan Putin. 

Kaine balik menyerang Pence. Ia mengatakan Pence pernah memang berkata bahwa Putin lebih hebat dari Obama, tapi jika "Anda tidak bisa membedakan kepemimpinan dengan kediktatoran." Pence kembali membantah pernah mengucapkan kata-kata itu. 

"Anak-anak Trump mengatakan mereka semua memiliki bisnis dengan Rusia. Dan itu bisa dijelaskan lewat laporan pajak," sebut Kaine. 

Awal September lalu, Trump mengatakan Putin jauh lebih baik dari Obama lewat sebuah wawancara televisi. "Putin jelas mempunyai kekuatan yang kuat untuk mengontrol negaranya," ucap dia.

Pujian ini diberikan Trump kepada Putin untuk 'membalas' pujian Putin kepadanya di mana ia dinilai sebagai pengusaha sukses. 

Sebelumnya, Putin sempat memuji rencana kebijakan luar negeri Trump jika ia menjadi presiden AS. Putin menyebut bahwa Trump adalah sosok cemerlang.

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA