Badai Matthew Ancam Kota Bersejarah di AS

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 08 Oct 2016 15:57 WIB
badai matthew
Badai Matthew Ancam Kota Bersejarah di AS
Pohon tumbang akibat Badai Matthew (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Savannah: Badai Matthew dikabarkan mengancam beberapa kota yang dianggap bersejarah dan memiliki pemandangan indah di Amerika Serikat (AS). Saat ini Badai Matthew sudah menghantam pesisir AS.
 
Beberapa kota bersejarah yang terancam Badai Matthew antara lain St. Augustine di Florida, Savannah di Georgia dan Charleston, South Carolina. 


Banjir disebabkan Badai Matthew di Florida (Foto: AFP)
 
 
"Ada beberapa rumah yang mungkin tidak akan sama lagi atau bahkan tidak ada lagi," ujar Wali Kota St Augustine, Nancy Shaver, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (8/10/2016).
 
Kini banjir sudah memenuhi jalanan di kota yang berusia 451 tahun dan dibangun oleh Spanyol itu. Badai Matthew pun telah memicu alarm bahaya, setelah menyebabkan lebih dari 800 orang tewas di Haiti.
 
St Agustine adalah pemukiman parmanen tertua yang dibagun oleh warga Eropa. Di kota ini termasuk pula benteng yang dibangun Spanyol pada abad-17. Banyak dari rumah bersejarah di tempat ini terkena imbas banjir akibat air laut. 
 
Di Charleston yang biasanya dipenuhi oleh wisatawan, kondisinya sangat kontras. Banyak dari toko-toko di daerah itu ditutupi dengan kayu oleh pemiliknya demi perlindungan.
 
Savannah juga tidak lepas dari ancaman Badai Matthew. Badai ini diperkirakan bisa merusak rumah bersejarah dan pohon-pohon tua dari kota tersebut.
Rumah yang terkena pohon tumbang (Foto: AFP)
 
 
Pada akhirnya badai yang kini kekuatannya turun menjadi kategori 2 itu, menghantam pesisir Florida pada Jumat. Badai menyebabkan air menenuhi jalanan, pohon tumbang dan lebih dari 1 juta warga tidak bisa mendapatkan pasokan listrik.
 
Tetapi badai cukup jauh dari kota seperti Miami, Fort Lauderdale dan West Palm Beach. Kekuatan angin pun tidak melebihi 193 kilometer per jam.
 
"Sepertinya kami berhasil menghindari bencana," ujar anggota Kongres dari Partai Demokrat Patrick Murphy.
 
Meskipun demikian, empat orang dilaporkan tewas di Florida. Mereka yang tewas adalah pasangan lanjut usia yang keracunan asap dari generator kemudian dua perempuan yang tertimpa pohon.
 
Di saat badai terus melemah di wilayah beberapa wilayah di Florida, termasuk Jacksonville, ancaman masih tetap ada. Pihak berwenang memperingatkan, Badai Matthew tidak hanya bisa mengarah ke daratan tetapi juga memicu banjir dengan peningkatan level air laut.
 
Penerbangan telah membatalkan sekitar 5.000 jadwal dari Rabu hingga Sabtu. Tetapi kondisi mulai normal dengan penerbangan dibuka kembali di Miami dan beberapa bandara di selatan Florida.

 
 



(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA