Mantan Mata-mata Korut Tiba di New York

Sonya Michaella    •    Kamis, 31 May 2018 03:47 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Mantan Mata-mata Korut Tiba di New York
Kim Yong-chol tiba di New York, hari ini waktu setempat. (Foto: AFP)

New York: Tangan kanan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba ke New York, Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pembicaraan dengan pihak AS perihal rencana pertemuan Kim dan Presiden Donald Trump.

Sempat akan dibatalkan, Kim dan Trump rencananya bakal bertemu di Singapura, 12 Juni mendatang. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan.

Kim Yong-chol, yang terbang dari Beijing, akan menjadi pejabat senior Korut yang pertama kali mengunjungi AS setelah 18 tahun. Ia juga merupakan mantan kepala mata-mata Korut. 

Dilansir dari AFP, Kamis 31 Mei 2018, ia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo untuk membicarakan KTT AS-Korut.

"Sejauh ini pembicaraan tentang pertemuan sangat positif dan kami akan terus bergerak maju bersama Korut," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders.

"Sekali lagi, denuklirisasi harus ada di atas meja dan menjadi fokus pertemuan. Presiden Trump satu-satunya yang membuat tekad itu," ujar dia.

Dikabarkan, Kim membawa surat langsung dari Kim Jong-un untuk Trump. Namun, tidak ada yang bisa memastikan hal tersebut.



(SCI)


Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi
Jurnalis Arab Saudi Menghilang

Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi

34 minutes Ago

Jamal Khashoggi menginginkan warga biasa di dunia Arab mengetahui beragam peristiwa global tanpa…

BERITA LAINNYA