25 Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Portugal

Arpan Rahman    •    Minggu, 18 Jun 2017 12:48 WIB
kebakaran hutan
25 Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Portugal
Kebakaran di Figueira, dekat Pedrogao Grande, Portugal, 17 Juni 2017,\. (Foto: Paulo Cunha/EPA)

Metrotvnews.com, Pedrogão Grande: Sedikitnya 25 orang tewas dalam kebakaran di Portugal bagian tengah, Sabtu 17 Juni 2017. Kebanyakan dari korban terjebak dalam mobil mereka yang dilalap api.

Jumlah korban tewas kemungkinan meningkat dan api masih berkecamuk di daerah pegunungan berhutan Pedrogão Grande, sebelah selatan Coimbra.

Pemerintah Portugal mengumumkan pada Sabtu malam, bahwa semua korban tewas adalah warga sipil. Muncul kekhawatiran mengenai dua petugas pemadam kebakaran yang hilang, sementara empat rekan mereka dilporkan berada kondisi serius di rumah sakit.

Jorge Gomes, sekretaris negara bagian urusan dalam negeri, menuturkan bahwa 16 orang tewas saat mobil-mobil mereka dilalap api di ruas jalan lokal. Tiga kematian lainnya berasal dari terlalu banyak menghirup asap.

Kebakaran, yang penyebabnya belum diketahui, mulai menyala sekitar pukul 2 siang waktu setempat. Beberapa jalan ditutup saat api menjalar tidak terkendali, menghancurkan beberapa truk pemadam kebakaran.

Saat tengah malam, lebih dari 500 petugas pemadam kebakaran terus berjuang mematikan api.

"Ini adalah tragedi terbesar dalam beberapa tahun terakhir," kata Perdana Menteri Portugal, António Costa. "Kita harus mencari tahu apa yang terjadi," bubuhnya, seperti disitat The Telegraph, Minggu 18 Juni 2017.

Presiden Marcelo Rebelo de Sousa memuji keberanian pemadam kebakaran negaranya. "Pria dan wanita semua pantas mendapat dukungan kami," kata Presiden, menambahkan bahwa "angin dan suhu tinggi" membuat tugas mengendalikan api sangat sukar.

Banyak bagian Spanyol dan Portugal dilanda gelombang panas dalam beberapa hari ini. Suhu di Pedrogão Grande mencapai 38 derajat Celcius pada Sabtu dan diprediksi akan menyentuh 40 derajat Celcius pada Minggu ini.

Jumlah korban tewas sejauh ini adalah yang terbesar di Portugal sejak 1966, ketika 25 tentara tewas dalam kebakaran hutan di belantara Sintra, dekat Lisbon.


(WIL)