Trump Deklarasikan Status Keadaan Darurat

Willy Haryono    •    Sabtu, 16 Feb 2019 06:29 WIB
amerika serikatdonald trump
Trump Deklarasikan Status Keadaan Darurat
Presiden Dpnald Trump menyatakan hendak mendeklarasikan status darurat, Jumat 15 Februari 2019. (Foto: AFP Photo/Brendan Smialowski)

Washington: Presiden Donald Trump mendeklarasikan status keadaan darurat untuk membangun tembok di perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko. Hal tersebut disampaikan dalam sebuah pidato di Gedung Putih, Washington, Jumat 15 Februari 2019.

"Saya akan menandatangani status keadaan darurat, dan ini sudah pernah dilakukan beberapa kali oleh presiden lain sejak tahun 1977," ucap Trump, seperti dilansir dari kantor berita BBC.

"Kita akan menghadapi krisis keamanan nasional di perbatasan selatan. Di sana terjadi invasi. Ada invasi narkotika serta kelompok kriminal ke negara kita," lanjut dia.

Trump kemudian menandatangani undang-undang anggaran untuk menghindari terjadinya kembali shutdown. Anggaran tersebut sudah disepakati di level Kongres.

Usai Trump menyatakan akan mendeklarasikan status darurat, Partai Demokrat mengaku segera menentang langkah tersebut ke pengadilan. Trump sebelumnya juga sudah menyadari Demokrat pasti akan melakukan hal tersebut.

"Sebenarnya saya tidak perlu melakukan hal ini, tapi saya ingin melakukannya lebih cepat. Saya ingin ini semua berjalan lebih cepat. Itu saja sebenarnya," tegas Trump.

Saat nanti status keadaan darurat benar-benar dideklarasikan, maka Trump dapat mengakses dana miliaran dolar yang dibutuhkan untuk membangun tembok tanpa perlu melewati persetujuan Kongres. Trump sebelumnya mengajukan proposal dana USD5,7 miliar atau setara Rp80 triliun untuk pembangunan tembok.

"Semua orang juga tahu tembok itu nantinya akan berfungsi dengan baik," sebut Trump.

Sebelumnya Ketua DPR dari Demokrat Nancy Pelosi mengatakan kepada wartawan bahwa mereka sedang menimbang pilihan hukum untuk menantang pernyataan Trump tentang keadaan darurat nasional sebagai tidak konstitusional di pengadilan.
 
"Ini bukan keadaan darurat," kata Pelosi dan pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer dalam pernyataan bersama.


(WIL)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA