Trump Segera Jatuhkan Sanksi Baru Terhadap Rusia

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 29 Jul 2017 10:25 WIB
as-rusia
Trump Segera Jatuhkan Sanksi Baru Terhadap Rusia
Donald Trump akan segera jatuhkan sanksi baru kepada Rusia (Foto: PA).

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menandatangani undang-undang untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia.
 
Menurut pihak Gedung Putih, Trump berniat untuk menandatangani aturan yang memungkinkan Kongres memblokir upaya Presiden melonggarkan sanksi untuk Rusia. Jadi setiap sanksi baru terhadap Rusia akan disetujui.
 
"Presiden Donald Trump sudah membaca proposal awal dari undang-undang itu dan melakukan negosiasi, terkait elemen kritis dari aturan tersebut," ujar Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders, dalam pernyataannya pada Jumat 28 Juli 2017 waktu setempat.
 
"Dia saat ini sudah mengkali versi akhir dari aturan tersebut, berdasarkan respons dari negosiasi dan berniat untuk menandatanganinya," imbuh Sanders, seperti dikutip CNN, Sabtu 29 Juli 2017.
 
Sanksi baru untuk Rusia itu disetujui dengan dukungan suara mayoritas di DPR AS dan Senat pada pekan ini. Sementara Rusia mengecam rencana penerapan sanksi terbaru itu.
 
Negeri Beruang Merah bersumpah akan memberikan balasan terkait sanksi tersebut. Dari respons Rusia, menunjukkan harapan untuk memperbaiki hubungan AS-Rusia di pemerintahan Trump akan sirna.
 
Kementerian Luar Negeri Rusia sendiri beberapa kali mengeluhkan sentimen anti-Rusia yang tumbuh subur di AS. Menurut pihak Rusia ada beberapa pihak lingkaran dalam pemerintah AS.



(FJR)