Pertemuan Trump dengan Putin akan Berlangsung Sesuai Rencana

Willy Haryono    •    Sabtu, 14 Jul 2018 12:30 WIB
amerika serikatas-rusia
Pertemuan Trump dengan Putin akan Berlangsung Sesuai Rencana
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

Washington: Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin akan berjalan sesuai rencana meski ada ketegangan terkait tuduhan intervensi Moskow terhadap pemilihan umum Negeri Paman Sam.

Kabar terbaru disampaikan Gedung Putih, yang menyebut keduanya akan bertemu di ibu kota Finlandia, Helsinki, pada Senin mendatang.

"Sesuai rencana," ujar juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders kepada awak media di Washington, seperti dikutip dari BBC, Sabtu 14 Juli 2018.

Sempat ada seruan untuk membatalkan pertemuan, usai AS melayangkan tuntutan kepada 12 agen intelijen Rusia atas tuduhan intervensi pemilu.

Namun, Rusia mengaku akan tetap menjalankan rencana untuk dialog dengan Trump. "Kami menganggap Trump sebagai mitra negosiasi," ujar penasihat pemerintahan Rusia, Yuri Ushakov.

"Hubungan bilateral (AS-Rusia) sangat buruk. Kami harus memperbaikinya," lanjut dia.

Pengumuman bahwa 12 agen Rusia dituntut atas tuduhan mengintervensi pemilu 2016 memicu perang kata-kata antara Washington dengan Moskow.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut tuntutan itu adalah "skema konspirasi" untuk "merusak atmosfer" menjelang pertemuan Trump dan Putin. 

Moskow menyebut tidak ada bukti yang menghubungkan 12 agen itu dengan peretasan.

Wakil Jaksa Agung AS Rod Rosenstein berkukuh bahwa "tujuan dari para konspirator ini adalah menghadirkan dampak terhadap pemilu (2016)."


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

8 hours Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA