Kolombia Bantah Luncurkan Serangan Drone ke Venezuela

Willy Haryono    •    Minggu, 05 Aug 2018 12:30 WIB
konflik venezuelavenezuelakolombia
Kolombia Bantah Luncurkan Serangan Drone ke Venezuela
Presiden Kolombia Juan Manuel Santos. (Foto: AFP)

Bogota: Kementerian Luar Negeri Kolombia membantah keras tuduhan dari Venezuela yang mengatakan Bogota berada di balik serangan pesawat tanpa awak atau drone ke Caracas. 

Serangan terjadi di dekat podium tempat Presiden Nicolas Maduro berpidato dalam sebuah acara militer.

Kemenlu Kolombia menegaskan Presiden Juan Manuel Santos sama sekali tidak bertanggung jawab atas upaya percobaan pembunuhan terhadap Maduro.

"Klaim yang mengatakan bahwa pemimpin Kolombia bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan terhadap presiden Venezuela merupakan tuduhan absurd dan tak berdasar," ujar Kemenlu Kolombia, seperti dikutip dari AFP, Minggu 5 Agustus 2018.

Baca: Presiden Venezuela Selamat dari Serangan Drone

Bogota meminta Caracas untuk menghormati Santos. Kemenlu Kolombia menyebut pemerintahan Maduro kerap menyalahkan Bogota atas beragam masalah yang menerpa Venezuela.

Sebelumnya, Maduro mengklaim berhasil selamat dari serangan drone. Insiden terjadi saat dirinya berpidato di acara peringatan 81 tahun berdirinya pasukan nasional Venezuela pada Sabtu 4 Agustus.

Tayangan langsung media lokal memperlihatkan Maduro yang tiba-tiba melihat ke arah atas dengan ekspresi terkejut. Puluhan prajurit kemudian terlihat berlarian.


(WIL)