Tingkat Kepuasan Rendah, Trump Banggakan Pencapaian 2017

Willy Haryono    •    Senin, 01 Jan 2018 17:06 WIB
donald trumppemerintahan as
Tingkat Kepuasan Rendah, Trump Banggakan Pencapaian 2017
Presiden AS Donald Trump dalam pesta perayaan malam pergantian tahun di Mar-a-Lago, Florida, AS, 31 Desember 2017. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)

Washington: Donald Trump membanggakan sejumlah pencapaiannya di tahun pertama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dalam serangkaian tulisan di Twitter di penghujung tahun, Minggu 31 Desember 2017. 

Dia menyoroti pemangkasan pajak dan melonjaknya sektor pasar saham AS, yang mengindikasikan modal untuk menghadapi pertempuran tahun 2018 terkait kekuasaan mayoritas di Kongres. 

"Mengapa para pemilih yang pintar ingin menempatkan Demokrat di Kongres dalam pemilu 2018, padahal sejumlah kebijakan mereka akan benar-benar menghancurkan kekayaan besar yang tercipta setelah pilpres," tulis Trump.

Pernyataan Trump merujuk pada pemilihan umum paruh waktu pada 2018 mendatang. Pemilu ini menentukan siapa-siapa saja, dan dari partai mana saja, yang akan menduduki Kongres AS.

Trump menghabiskan penghujung tahun di resor pribadinya di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, sebelum akhirnya kembali ke Washington.

Sang presiden memasuki tahun 2018 dengan tingkat kepuasan masyarakat (approval rating) terendah dari kepala negara lainnya di era modern AS. Ini terjadi setelah dirinya membuat banyak kejutan politik, merenggangkan aliansi AS dengan berbagai mitra dan kontroversi mengenai ras serta keimigrasian. 

Dalam sebuah tulisan pada Kamis, Trump menjelaskan bahwa dirinya sering menggunakan media sosial, terutama Twitter

"Saya menggunakan medsos bukan karena saya suka, tapi karena itu satu-satunya cara untuk memerangi pers yang sangat tidak jujur dan tidak adil," ungkapnya, yang sering menggunakan istilah berita palsu atau Fake News.

"Sumber-sumber palsu atau bahkan tidak pernah ada sering digunakan dalam berita. Banyak berita yang benar-benar fiktif," lanjut dia.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

16 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA