Gempa 6,7 SR Guncang Chile

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Jan 2019 09:47 WIB
gempa chilegempa bumichile
Gempa 6,7 SR Guncang Chile
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Santiago: Gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) mengguncang Chile bagian utara hingga pusat pada Sabtu 19 Januari 2019. 

Seperti dilansir dari laman AFP, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa terjadi di kedalaman 53 kilometer, dengan episenter sekitar 15 km dari Coquimbo.

Chile adalah salah satu negara di dunia yang rawan dilanda gempa. Gempa bumi Valdivia pada 1960 menjadi yang terkuat di Chile sejauh ini, dengan kekuatan guncangan hingga 9,5 SR menurut data USGS. Korban jiwa mencapai sekitar 5.000 orang.

Pada Februari 2010, Chile diguncang gempa berkekuatan 8,8 SR. Kala itu, lebih dari 500 orang tewas dan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa benar-benar terputus dengan pemerintah pusat Chile di Santiago.

Seperti negara rawan guncangan lain di Pasifik, Chile berlokasi di Ring of Fire -- zona aktivitas tektonik yang rentan dilanda gempa serta erupsi vulkanik.

Karena menyadari kerawanan akan gempa, pemerintah Chile telah menerapkan sistem pencegahan dan penanggulangan bencana, yang disebut-sebut sebagai terefektif di dunia.

Sistem ini melibatkan aturan ketat konstruksi bangunan, simulasi evakuasi dan persiapan matang.


(WIL)