Trump Tuding Gedung Putih Menyepelekan Ancaman ISIS

Nur Azizah    •    Selasa, 20 Sep 2016 04:39 WIB
ledakan new york
Trump Tuding Gedung Putih Menyepelekan Ancaman ISIS
Donald Trump. Foto: JOE RAEDLE (STF)

Metrotvnews.com, New York: Calon Presiden dari Partai Republik, Donald Trum menuduh Gedung Putih meremehkan ancaman Negara Islam (ISIS). Trump menyampaikan, hal demikian bisa membawa bahaya untuk Presiden Barack Obama.

"Berkurangnya keamanan dari pemerintahan Obama membuat kita semua berisiko. Dan perlu kita ingat, kita butuh pemimpin baru untuk memerangi terorisme,” kata juru bicara Trump, Jason Miller dalam keterangan tertulis seperti dikutip Reuters, Senin (19/9/2016).

Baca: Polisi Tangkap Pengebom New York

Pernyataan ini menyusul setelah bom meledak di kawasan distrik Chelsea, Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS). Ledakan tersebut melukai 29 orang. Bunyi ledakan memekakkan telinga hingga beberapa blok dari distrik perbelanjaan populer, Manhattan. Di waktu hampir bersamaan, sembilan orang ditusuk di St. Cloud, Minnesota, 2.100 km dari lokasi ledakan.

Belum ada kelompok militan internasional yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan di New York. Juga belum ada yang bertanggung jawab atas bom kedua dalam panci masak-bertekanan tinggi (pressure-cooker) yang ditemukan empat blok dari sumber ledakan pertama. 

Sebelumnya, bom dengan perangkat serupa meledak di sepanjang rute lomba lari, New Jersey pada Sabtu 17. Gubernur New York, Andrew Cuomo yakin rentetan peristiwa tersebut adalah aksi teror.


(DEN)