Kunjungan Trump Sebabkan Menteri Keuangan Meksiko Undur Diri

Sonya Michaella    •    Jumat, 23 Sep 2016 09:01 WIB
pemilu as
Kunjungan Trump Sebabkan Menteri Keuangan Meksiko Undur Diri
Mantan Menkeu Meksiko, Luis Videgaray (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mexico City: Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan bahwa pengunduran diri Menteri Keuangan Meksiko, Luis Videgaray, akibat kunjungan Donald Trump ke Meksiko beberapa waktu lalu.

Kunjungan calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik itu ke Meksiko mendapat kecaman dari pemerintah Meksiko juga warganya.

"Kunjungan itu menyebabkan kekesalan pada Videgaray. Ia juga termasuk dalam perencanaan kami bertemu dengan Trump," ujar Pena Nieto, seperti dikutip Reuters, Jumat (23/9/2016).

"Protesnya mendorong saya untuk mengambil keputusan dan menerima pengunduran diri yang ia ajukan," lanjutnya.

Trump berkunjung ke Meksiko pada 31 Agustus lalu dan langsung mendapat kecaman dari warga Meksiko.


Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto (kiri) dan Donald Trump di Meksiko/reuters

Pasalnya, Trump sempat mengatakan, jika ia menjadi Presiden AS, dirinya akan segera membangun tembok pembatas antara AS dan Meksiko. Tak hanya itu, Trump pun mengatakan bahwa Meksiko adalah sarang pemerkosa dan narkoba.

Sementara, Videgaray dipandang sebagai anggota yang paling berpengaruh di lingkatan Pena Nieto. Ia adalah seorang yang gigih dan selalu bisa bekerja sama dengan Pena Nieto. Namun, sepekan setelah kunjungan Trump, ia memutuskan untuk undur diri.

Dengan adanya pengunduran Menkeu Meksiko ini, seolah Trump ingin mengambil hati para rakyat Meksiko. Ia menulis di akun Twitter pribadinya bahwa Meksiko telah kehilangan menteri keuangan yang brilian dan pria yang luar biasa.

Selama kunjungannya ke Meksiko, Trump seakan berpura-pura dihadapan Pena Nieto. Ia mengatakan ada kebutuhan untuk menjaga kekayaan manufaktur di wilayah tersebut.

"Kuat, makmur, bersemangat adalah Meksiko, untuk kepentingan terbaik dengan AS," ucap Trump kala itu.

Namun, kebalikannya, ketika ia tiba di AS dan berkampanye di Arizona, ia mengatakan bahwa Meksiko harus membayar biaya dinding perbatasan dengan AS yang akan dibangun nanti sebesar 100 persen.


(FJR)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

23 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA