Trump Pastikan Bertemu Kim Jong-un Sesuai Jadwal

Sonya Michaella    •    Sabtu, 02 Jun 2018 10:07 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Trump Pastikan Bertemu Kim Jong-un Sesuai Jadwal
Utusan khusus Korut Kim Yong-chol (kiri) dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memastikan bahwa dirinya akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, 12 Juni nanti di Singapura, sesuai dengan jadwal dan rencana.

Pernyataan ini disampaikan Trump usai ia bertemu dengan utusan dan tangan kanan Kim Jong-un, Kim Yong-chol. Pertemuan mereka adalah yang pertama kali sejak tahun 2000 antara Presiden AS dan pejabat tinggi Korut. 

"Hubungan antara kedua negara mulai terbangun dan menuju ke arah positif. Saya optimisitis Korut akan melakukan denuklirisasi," ujar Trump, dikutip dari BBC, Sabtu 2 Juni 2018.

"Saya harus mengenal orang-orang dan pejabat Korut dengan baik," lanjut dia.

Dalam pertemuan tersebut, Trump menerima surat dari Kim Jong-un yang dibawa oleh Kim Yong-chol. Ia mengatakan, isi surat tersebut berisi hal-hal yang baik menjelang pertemuan. 

Sebelum bertemu Trump, Kim Yong-chol melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo untuk membahas pertemuan bersejarah 12 Juni mendatang.

Sebelumnya, Trump sempat membatalkan rencana pertemuan itu dengan mengirimkan surat kepada Kim Jong-un, dengan alasan Korut menaikkan tensi dengan AS dengan pernyataan-pernyataan tak berdasar. 



(WIL)