Diterjang Badai Irma, 10 Warga Kuba Tewas

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Sep 2017 09:57 WIB
topan badai
Diterjang Badai Irma, 10 Warga Kuba Tewas
Badai Irma terjang Kuba. (Foto: CNN)

Metrotvnews.com, Havana: Setidaknya 10 orang tewas di Kuba akibat hantaman Badai Irma. Tujuh orang di antaranya tewas di ibu kota Havana karena tertimpa bangunan runtuh.

Badai Irma sudah menerjang sebagian Kepulauan Karibia, Kuba dan juga Puerto Riko sejak pekan lalu. Namun, dilaporkan kini Badai Irma sudah melemah ke Kategori Satu.

"Setelah Badai Irma yang berbahaya melewati seluruh Kuba, setidaknya 10 kematian dilaporkan di berbagai provinsi," kata pihak Pertahanan Sipil Kuba, dikutip dari CNN, Selasa 12 September 2017.

Selain dari Havana, para korban tewas berasal dari Provinsi Matanzas, Camaguey dan Ciego de Avila, yang terletak di zona tengah dan barat Kuba.

Badai Irma juga meluluhlantakkan pariwisata Kuba. Setelah menghancurkan Kuba, Badai Irma mendarat di Florida Keys, sebuah kepulauan karang yang terletak di lepas pantai selatan negara bagian AS, Florida, dengan hujan dan angin hingga 210 km per jam.

Saat ini, kondisi di Florida masih terbilang mencekam. Badai ini membuat aliran listrik terputus, setidaknya di lebih dari 2,6 juta rumah dan kantor di Florida. 

Badai ini juga menumbangkan pepohonan dan juga mengubah jalan raya menjadi seperti sungai deras. Dalam waktu 90 menit, ketinggian air di wilayah Naples naik menjadi 2,1 meter.

Lebih dari 6,3 juta orang telah diminta untuk meninggalkan Florida segera. Otoritas AS menyebut badai tersebut dapat membahayakan siapapun.

 


(WIL)