Trump Umumkan Status Darurat di Tiga Wilayah AS

Arpan Rahman    •    Rabu, 06 Sep 2017 18:47 WIB
topan badai
Trump Umumkan Status Darurat di Tiga Wilayah AS
Antrean panjang kendaraan terjadi di North Miami, 5 September 2017, menjelang kedatangan Badai Irma ke AS. (Foto: AFP/MICHELE EVE SANDBERG)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Donald Trump, Selasa 5 September 2017, mengumumkan status darurat federal untuk Florida, Puerto Riko dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat (AS). Semua wilayah itu berpotensi berada di jalur Badai Irma.

Gubernur Florida Rick Scott telah meminta Trump membuat deklarasi tersebut. Lewat penetapan status, dana federal akan digelontorkan ke sejumlah daerah itu untuk mengantisipasi badai yang berpotensi merusak. Irma menguat menjadi topan Kategori 5 pada Selasa kemarin.

Dalam sebuah pengarahan, Selasa malam, Scott mengatakan bahwa Trump "menawarkan bantuan penuh dari pemerintah federal saat kita bersiap menghadapi badai besar ini." 

Sebelumnya, Scott mengaktifkan Garda Udara Nasional dan Angkatan Udara Florida. 

Senin kemarin, Scott mengumumkan keadaan darurat di seluruh 67 kawasan Florida, saat Irma menjelma menjadi badai Kategori 3.

Saat ini, Florida sedang diintai "mata badai" Irma -- menurut Pusat Pengamatan Badai Nasional (NHC).

Angkatan Laut AS juga memerintahkan evakuasi 5.000 personel yang berbasis di Pangkalan AL di Key West. Antara 50 dan 60 personel akan tetap berada di Lanal untuk melakukan tugas-tugas penting.

 


(WIL)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

9 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA