Chef AS Donasikan 11 Ribu Makanan di Tengah Shutdown

Willy Haryono    •    Minggu, 27 Jan 2019 19:08 WIB
amerika serikatpemerintahan as
Chef AS Donasikan 11 Ribu Makanan di Tengah Shutdown
Relawan membagikan makanan gratis untuk pegawai federal di World Central Kitchen Resource Center di Washington, AS, 22 Januari 2019. (Foto: AFP/Getty/CHIP SOMODEVILLA)

Washington: Jose Andres, seorang juru masak ternama di Amerika Serikat, sekali lagi turun tangan dalam membantu korban krisis dan bencana alam. Setelah sempat bekerja keras dalam membantu korban Badai Maria, kali ini chef berdarah Spanyol-Amerika itu mendonasikan lebih dari 11 ribu makanan untuk pegawai federal AS yang terkena dampak shutdown.

Shutdown adalah penutupan sebagian instansi pemerintah AS, yang kali ini berimbas pada sekitar 800 ribu pegawai federal. Shutdown terpanjang dalam sejarah AS ini resmi berakhir pada Jumat 25 Januari, meski hanya bersifat sementara.

Melalui organisasi non-profit World Central Kitchen, seperti dikutip dari laman Eater, Sabtu 26 Januari 2019, Jose Andres telah menyuguhkan 11.400 makanan untuk para pegawai federal AS di Washington DC pada 23 Januari.

Sikap baik hati Andres ramai di media sosial lewat tagar #ChefsForFeds. Andres kemudian mengumumkan bahwa aksinya ini akan dikembangkan hingga ke skala nasional.

Sudah banyak restoran yang siap menjadi lokasi pembagian makanan gratis untuk pegawai federal, termasuk Ludo Lefebvre’s Trois Familia di Los Angeles, Stephanie Izard’s Little Goat Diner di Chicago, and semua gerai Sweetgreen. 

Gerakan #ChefsForFeds kini sudah menjangkau 133 lokasi di 20 negara bagian dan juga di Puerto Rico serta Washington DC. Gerakan Andres ini mendapat bantuan dari beberapa donatur, termasuk The Clinton Presidential Center. Perusahaan aplikasi Uber juga mengumumkan layanan antar gratis dari dan menuju World Central Kitchen.

Menanggapi shutdown, Andres mengunggah sebuah video di Twitter dan menyebut situasi saat ini sebagai "darurat makanan nasional." Meski shutdown telah berakhir, setidaknya untuk tiga pekan ke depan, Andres menegaskan World Central Kitchen akan selalu siap membantu dan memastikan "tidak ada satu orang pun yang kelaparan."

Baca: Trump Menyerah dan Sepakat Akhiri Shutdown


(WIL)