Hitung Ulang Pilpres Honduras Dimulai

Willy Haryono    •    Senin, 04 Dec 2017 10:21 WIB
honduras
Hitung Ulang Pilpres Honduras Dimulai
Petugas menghitung ulang hasil pilpres Honduras, Minggu 3 Desember 2017. (Foto: AFP)

Tegucigalpa: Proses hitung ulang total suara dalam pemilihan umum presiden Honduras dimulai, Minggu 3 Desember 2017. Permintaan hitung ulang diajukan koalisi oposisi usai hasil penghitungan memenangkan presiden petahana Juan Orlando Hernandez dengan selisih tipis.

Oposisi memprotes hasil pilpres tersebut karena tribunal hanya memeriksa sekitar 6 persen dari total suara. Mereka menginginkan tribunal memeriksa ribuan tempat pemungutan suara lainnya. 

Seperti dikutip BBC, sejumlah pengamat internasional meminta kedua kubu untuk menghitung ulang hasil pilpres demi mencegah adanya lebih banyak aksi kekerasan. 

Aturan jam malam diberlakukan setelah unjuk rasa pro oposisi berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Sedikitnya tiga orang tewas dan ratusan lainnya ditangkap di tengah kekacauan tersebut. 

Ribuan warga Honduras berunjuk rasa damai pada akhir pekan untuk menunjukkan dukungan mereka kepada tokoh oposisi, Salvador Nasralla. 

Nasralla, mantan presenter saluran televisi, menuduh rivalnya telah memanipulasi hasil pilpres. 

Amerika Serikat dan sejumlah organisasi meminta Honduras menahan diri untuk tidak melakukan aksi kekerasan. AS meminta masyarakat untuk menyerahkan proses penghitungan ulang ke pihak berwenang. 

Dengan 95 persen total suara yang sudah dihitung, Presiden Hernandez meraih 42,9 persen, sementara Nasralla 41,4 persen.


(WIL)