Gempa Bumi 6,0 SR Guncang Ekuador

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Dec 2017 21:01 WIB
gempa bumi
Gempa Bumi 6,0 SR Guncang Ekuador
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Metrotvnews.com)

Quito: Gempa bumi berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Ekuador, Minggu 3 Desember 2017, tepatnya 19 kilometer dari Bahia de Caraquez di pesisir barat negara tersebut. 

Menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip Express, guncangan terjadi di kedalaman 24,73 kilometer. Belum diketahui apakah ada kerusakan bangunan atau korban jiwa akibat gempa ini. 

Mantan presiden Rafael Correa merespons gempa lewat tulisan di Twitter. "Gempa kuat terjadi di San Vicente dan area pelabuhan. Saya berharap semua baik-baik saja."

"Di sini di Esmeraldas, guncangannya juga terasa. Ini mengingatkan saya kepada masa-masa sulit saat saya masih menjadi presiden," sambung dia.

Bahia de Caraquez adalah kota besar yang populer di kalangan turis domestik dan asing. Kota ini terkenal lewat sejumlah pantainya yang indah. Kota tersebut terletak sekitar 360 km dari ibu kota Equador, Quito. 

Tahun lalu, gempa 7,8 SR memicu kerusakan masif di Ekuador. Sedikitnya 676 orang tewas dan 16 ribu lainnya terluka dalam bencana tersebut. 

Salah satu kota yang terkena imbas terparah adalah Bahia de Caraquez. Sederet rumah dan bangunan lainnya rata dengan tanah. 

Dalam beberapa pekan terakhir, serangkaian gempa mengguncang Ekuador, negara yang rentan diguncang tremor karena lokasi geografisnya.


(WIL)