Disebut Bodoh, Trump Tantang Menlu AS Tes IQ

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:29 WIB
pemerintahan as
Disebut Bodoh, Trump Tantang Menlu AS Tes IQ
Menlu AS Rex Tillerson (kiri) dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menantang Menteri Luar Negeri Rex Tillerson tes kecerdasan (IQ). Pasalnya, Tillerson dilaporkan menyebut sang presiden 'bodoh'.

Dalam wawancaranya dengan majalah Forbes pada Jumat lalu, Trump menyebutkan dia tidak percaya salah satu orang kepercayaannya memanggilnya dengan sebutan bodoh.

"Saya pikir itu berita palsu. Namun, jika dia mengatakannya, saya kira kita harus membandingkan tes IQ dan saya dapat memberitahu siapa yang akan menang," seru Trump, seperti dilansir dari The Guardian, Rabu 11 Oktober 2017.

Hal ini menimbulkan tanda tanya di masyarakat jika Trump meragukan kemampuan sang menlu. Namun, Trump mengatakan dia tidak pernah meremehkan kemampuan orang.

Hal ini juga diungkapkan pada pertemuan harian dengan wartawan, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders bersikeras Trump tidak menyiratkan kalau Menlu AS tidak terlalu cerdas.

"Presiden tidak pernah menyiratkan sekretaris negara tidak terlalu cerdas. Itu hanya guyonan dia saja. Dia memiliki kepercayaan penuh pada sekretaris negara kami," ujar Sanders.

Pekan lalu, sebuah media lokal mengklaim bahwa Tillerson menyebut Trump orang bodoh. Bahkan beberapa laporan mengatakan dia memanggil sang presiden dengan sebutan serupa.

Karenanya, Wakil Presiden Mike Pence diminta untuk memecat Tillerson pada musim panas ini.

Namun, Tillerson membantah akan mengundurkan diri. Meski demikian, dia tidak menyangkal pernah memanggil Trump dengan sebutan seperti itu.



(FJR)