Berusaha Berdamai, Pemerintah dan Oposisi Venezuela Lanjutkan Dialog

Willy Haryono    •    Sabtu, 16 Dec 2017 21:00 WIB
konflik venezuelavenezuela
Berusaha Berdamai, Pemerintah dan Oposisi Venezuela Lanjutkan Dialog
Konferensi pers dialog antara pemerintah dan oposisi Venezuela di Santo Domingo, 15 Desember 2017. (Foto: AFP/ERIKA SANTELICES)

Santo Domingo: Pemerintah Venezuela dan kubu oposisi menggelar dialog putaran terbaru dalam upaya menjembatani perbedaan mendalam antar keduanya, demi keluar dari krisis ekonomi dan politik yang mengobrak-abrik negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir. 

Setelah berdiskusi selama delapan jam di Kementerian Luar Negeri Venezuela di Santo Domingo, kedua kubu sepakat melanjutkan negosiasi pada 11 Januari tahun depan. 

Pertemuan tersebut akan dilanjutkan diskusi tingkat menteri luar negeri pada 12 Januari. 

"Terdapat kemajuan signifikan," ujar Presiden Dominika Danilo Medina, yang menjadi tuan rumah pertemuan kedua kubu, seperti dikutip AFP, Sabtu 16 Desember 2017.

"Ada enam isu utama yang sedang didiskusikan. Kami tidak dapat mengumumkan apa-apa saja kemajuannya karena semua itu merupakan satu paket. Selama perjanjian ini belum mencapai fase final, kami belum dapat mengumumkan apapun," lanjut dia.

Menlu Chile Heraldo Munoz mengekspresikan harapan bahwa perjanjian kedua kubu akan selesai pada 12 Januari. 

Dalam pertemuan disepakati adanya juru bicara untuk masing-masing kubu: Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez di sisi pemerintah, dan presiden parlemen Julio Borges untuk oposisi. 

Selain Dominika dan Chile, menlu dari Bolivia, Nikaragua, Saint Vincent and the Grenadines serta bersama mantan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero bertindak sebagai penjamin proses diskusi.


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

7 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA