Badai Kuat Hantam AS, KJRI Houston Terus Pantau WNI

Sonya Michaella    •    Jumat, 07 Oct 2016 11:11 WIB
badai matthew
Badai Kuat Hantam AS, KJRI Houston Terus Pantau WNI
Wilayah benua Amerika dihantam badai paling kuat, Badai Matthew (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badai Matthew yang menghantam sejumlah wilayah di benua Amerika saat ini telah mengakibatkan korban jiwa sebanyak 339 orang.

Diperkirakan, secepatnya badai terkuat di Amerika ini akan bergerak menuju Florida dan Georgia, juga pusat Amerika Serikat (AS).

Konjen RI di Houston, Henk Edward Saroinsong menegaskan bahwa KJRI Houston di Texas terus memantau Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Florida dan Georgia.

"Kami terus mengontak WNI di Florida dan Georgia karena diperkirakan Badai Matthew akan menuju ke dua wilayah tersebut," ujar Edward, kepada Metrotvnews.com, Jumat (7/10/2016).

"Untuk saat ini, belum ada laporan WNI jadi korban bencana alam ini. Saya berharap tidak ada," tuturnya.

Ia juga mengimbau agar para WNI di dua wilayah tersebut tetap memperhatikan instruksi dan senantiasa siaga dalam merespons arahan dari pihak berwenang.



"Kami juga meminta mereka agar tetap keep contact dengan KJRI dan memberitahukan perkembangan terbaru," lanjutnya.

Edward menambahkan saat ini jumlah WNI di Florida terhitung 2.480 orang dan WNI di Georgia terhitung 2.983 orang.

Untuk keluarga di Indonesia yang ingin memperoleh kabar terbaru terkait kondisi keluarga atau sanak saudaranya, agar menghubungi Hotline KJRI Houston di +1 346-932-7284.

Diketahui, evakuasi besar-besaran dilakukan di Miami hingga perbatasan Florida-Georgia, AS. Pasalnya, Badai Matthew diperkirakan akan bergerak menuju AS dalam waktu dekat.

Presiden AS Barack Obama pun telah menyatakan keadaan darurat di Florida dan South Carolina. Sementara, diperkirakan Badai Matthew akan menyerang Florida dalam beberapa waktu dekat.


(FJR)