AS-Rusia Belum Capai Pemahaman Jelas Terkait Perdamaian Suriah

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Sep 2016 09:52 WIB
as-rusia
AS-Rusia Belum Capai Pemahaman Jelas Terkait Perdamaian Suriah
Presiden AS, Barack Obama (kanan) bersama Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) dan Rusia tak mencapai kesepakatan apapun untuk gencatan senjata di Suriah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Mark Toner juga belum bisa mengonfirmasi apakah Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan bertemu di Jenewa, Kamis ini.

"Kami belum di sana. Menlu Rusia bersikeras untuk melanjutkan upaya dan mencoba untuk menyelesaikan, tapi kami tidak akan menyetujui pengaturan yang tak memenuhi tujuan inti kami," ujar Toner, seperti dikutip Reuters, Kamis (8/9/2016).

Toner juga menambahkan Kerry dan Lavrov sempat membicarakan hal ini melalui sambungan telepon selama 45 menit.

"Kami belum bisa mencapai pemahaman yang jelas tentang ke depannya seperti apa," tambahnya.

Toner juga menegaskan bahwa AS tetap bekerja untuk mencapai kesepakatan damai di Suriah tersebut dan ada harapan yang besar untuk sukses.

Pembicaraan antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai Suriah, tak membuahkan hasil apapun. Bahkan, AS menuduh Rusia menarik kembali isu-isu yang dianggap AS telah terselesaikan.

Kerry telah lama menyatakan frustasi dengan kurangnya kemajuan pada Suriah, termasuk adanya kritik dan membuat kesepakatan dengan Suriah.

Sebelumnya pada Minggu 4 September, kedua kubu terlihat akan menyepakati perjanjian. Isi perjanjian di antaranya penyaluran bantuan ke Aleppo dan penghentian sementara serangan udara Rusia dan Suriah. Namun pada akhirnya, kesepakatan itu tak pernah tercapai. 


(FJR)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

12 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA