AS Tekankan Pentingnya Kerja Sama Pendidikan dengan RI

Sonya Michaella    •    Selasa, 22 Nov 2016 11:26 WIB
indonesia-as
AS Tekankan Pentingnya Kerja Sama Pendidikan dengan RI
International Education Week di Kedutaan Besar AS, Jakarta, 22 November 2016. (Foto: MTVN/Sonya MIchaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Amerika Serikat (AS) memiliki hubungan bilateral yang kuat dengan Indonesia, terutama di bidang pendidikan.

Tak sedikit warga Indonesia yang menimba ilmu di Negeri Paman Sam, dan mayoritas dari mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah AS atau sejumlah lembaga di Indonesia.

"Dari hubungan bilateral dua negara ini, yang paling penting adalah people to people contact, apalagi di bidang pendidikan. Sangat diperlukan sekali," kata Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Brian McFeeters, dalam acara International Education Week di Kedutaan Besar AS, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

"People to people contact antara warga Amerika dan warga Indonesia tak bisa lepas begitu saja, apalagi di bidang pendidikan," lanjutnya.

McFeeters mengaku senang dengan kerja sama pendidikan AS dengan RI sejauh ini. 

"Saya sangat bangga, banyak sekali warga Indonesia yang memilih AS menjadi tempat untuk menimba ilmu, apakah itu senior high school sampai ke jenjang universitas," tuturnya lagi.


Wadubes AS Brian McFeeters. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Ada sejumlah lembaga dari AS dan Indonesia yang menawarkan beasiswa kepada warga RI, di antaranya LPDP yang di bawah Kementerian Keuangan RI. Kemudian ada Fullbright Scholarship, USAID, dan AMINEF.

Ahmad Gamal, seorang WNI yang pernah mendapatkan beasiswa dari Fullbright, berhasil mendapatkan gelar Master di Universitas Illinois. Setelah itu, ia kembali mendapatkan gelar Ph.D di universitas yang sama.

"Yang penting, tentukan dulu jurusan apa yang akan Anda tempuh dan temukan jurusan Anda tersebut paling baik di universitas mana," jelas Ahmad.

Ahmad pun mengaku banyak mendapat keuntungan dari mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di AS. Saat ini, Ahmad bekerja sebagai dosen arsitek di Universitas Indonesia.


(WIL)