Kebakaran Besar di Brasil Picu Robohnya sebuah Bangunan

Fajar Nugraha    •    Selasa, 01 May 2018 19:10 WIB
kebakaran
Kebakaran Besar di Brasil Picu Robohnya sebuah Bangunan
Kebakaran yang melanda sebuah gedung di Brasil (Foto: EVN).

Sao Paolo: Sebuah bangunan 26 lantai runtuh setelah dilalap api di kota terbesar di Brasil, Sao Paulo. Satu orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.
 
Lebih dari 150 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api yang diduga disebabkan oleh ledakan gas.
 
Bangunan tinggi itu ditempati oleh penghuni liar, dan petugas pemadam kebakaran khawatir lebih banyak orang yang mungkin terperangkap di dalam.
 
Saksi mengatakan api menyebar dengan cepat dari salah satu lantai bawah dan membakar bangunan yang bersebelahan.
 
'Seperti tsunami'
 
Sekitar 50 keluarga pindah ke gedung di daerah Largo do Paissandu di kota itu setelah polisi federal, memerintahkan pengosongan beberapa tahun yang lalu.
 
"Rasanya seperti tsunami ketika gedung itu runtuh," seorang wanita berusia 58 tahun yang tinggal di lantai empat mengatakan kepada surat kabar Folha.

"Aku tidak bisa membawa apa pun denganku," ujarnya seperti dikutip BBC dari Folha, Selasa 1 Mei 2018.
 
Deise Silva, 31, mengatakan kepada Folha bahwa dia tertidur di dalam salah satu kamar dengan lima anaknya ketika dia terbangun dengan berteriak.
 
"Ketika orang-orang memberi tahu saya ada kebakaran, saya membangunkan anak-anak dan berlari," katanya.
 
Sebuah hotel terdekat telah dievakuasi. Resepsionis hotel mengatakan kepada surat kabar Folha bahwa dia disiagakan dengan berteriak-teriak.
 
"Awalnya saya pikir itu adalah perkelahian tetapi kemudian saya mendengar orang-orang berteriak 'keluar, keluar!'" Katanya.
 
Api mulai merebak pada pukul 01:20 waktu setempat dengan nyala api menyebar dengan cepat. Bangunan tinggi itu roboh dalam waktu 90 menit kemudian.
 
Para pejabat mengatakan gedung kedua saat ini tidak berisiko roboh. Petugas pemadam kebakaran telah mengepung area yang luas di sekitar kobaran api.
(FJR)