Trump: Korut Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Besar

Fajar Nugraha    •    Senin, 28 May 2018 10:53 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Trump: Korut Berpotensi Jadi Kekuatan Ekonomi Besar
Presiden AS Donald Trump sebut Korea Utara bisa menjadi kekuatan ekonomi (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali menjadwalkan pertemuan pada 12 Juni, setelah sebelumnya membatalkan rencana itu.
 
Baca juga: Kim Jong-un Tegaskan Pertemuan dengan Trump akan Terjadi.
 
Rencana penuh drama ini melalui proses pasang surut antara AS dan Korut. Tetapi pejabat tinggi AS dan Korut melakukan pertemuan pada Minggu 27 Mei di wilayah zona demiliterisasi (DMZ), untuk mempersiapkan pertemuan tingkat tinggi ini.
 
Setelah dipastikan pertemuan akan dilakukan pada 12 Juni di Singapura, Presiden Trump melontarkan pujian kepada Korut melalui akun twitternya.
 
"Saya sangat yakin bahwa Korea Utara memiliki potensi luar biasa dan akan menjadi kekuatan ekonomi dan keuangan yang besar suatu hari nanti," jelas Trump dalam akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Senin 28 Mei 2018.
 
"Kim Jong-un sepakat dengan saya mengenai masalah ini. Semuanya akan terwujud," lanjutnya.
 
Baca juga: Trump Sebut Semua Berjalan Baik Menuju Pertemuan dengan Kim.
 
Selain itu Trump juga memberikan konfirmasi bahwa delegasi AS sudah tiba di Korut untuk mengatur pertemuan langsung antara dirinya bersama Kim Jong-un.
 
Ucapan Trump ini kontras tajam dengan yang dilontarkannya tiga hari lalu. Saat itu Trump membatalkan pertemuan yang sedianya direncanakan 28 Mei ini. Trump juga sempat menyebutkan sikap tidak bersahabat dari Korut membuat dirinya memutuskan membatalkan pertemuan.
 
Nuansa positif makun terwujud setelah Kim Jong-Un melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in pada Sabtu 24 Mei demi menyelamatkan rencana pertemuan itu.
 
Sementara Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert menyebutkan, pihaknya terus melakukan persiapan pertemuan antara Trump dan Jong-un.


(FJR)