Usai Gempa Honduras, Peringatan Tsunami Dikeluarkan di Puerto Riko

Arpan Rahman    •    Rabu, 10 Jan 2018 11:41 WIB
gempa bumi honduras
Usai Gempa Honduras, Peringatan Tsunami Dikeluarkan di Puerto Riko
ilustrasi: AFP

San Juan: Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Puerto Riko dan Kepulauan British Virgin, Inggris. 
 
Pengawasan itu muncul menyusul gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter yang terjadi di sebuah wilayah yang masih tercabik-cabik dari dua badai.
 
Pusat Peringatan Tsunami Amerika Serikat (USTWC) mengatakan gelombang sampai satu meter di atas tingkat pasang-surut mungkin terjadi pada jam-jam setelah gempa tersebut melanda utara Honduras pada pukul 10.52 waktu setempat, pada Selasa 9 Januari 2018. Gempa tersebut sangat dangkal, hanya 10 kilometer.
 
USTWC kemudian mengatakan prakiraan awal tidak mengindikasikan ancaman tsunami bagi Puerto Riko dan kepulauan Virgin. Namun sedang menunggu informasi lebih lanjut.
 
Dilansir Guardian, Rabu 10 Januari 2018, para penduduk setempat tetap diperingatkan agar segera mengambil tindakan guna melindungi kehidupan dan harta-benda manusia.
 
Survei Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa berada 202 kilometer timur laut Barra Patuca di Honduras dan 307 kilometer barat daya George Town di Kepulauan Cayman.
 
Gempa tersebut mengguncang sejumlah jendela rumah di ibu kota Honduras, Tegucigalpa, kira-kira 519 kilometer ke timur. Namun belum ada kerusakan yang dilaporkan.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

16 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA