Krisis Ukraina, Trump Mungkin Batal Bertemu Putin

Willy Haryono    •    Rabu, 28 Nov 2018 10:47 WIB
krisis ukrainarusiaRusia-Ukraina
Krisis Ukraina, Trump Mungkin Batal Bertemu Putin
Presiden AS Donald Trump dalam sebuah acara di Mississippi, 26 November 2018. (Foto: AFP/JIM WATSON)

Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dirinya mungkin akan membatalkan rencana pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pernyataan ini terkait dengan insiden Rusia yang sempat menembaki dan menahan tiga kapal Angkatan Laut Ukraina.

Kepada surat kabar The Washington Post, Selasa 27 November 2018, Trump mengaku masih menunggu laporan dari penasihat keamanan mengenai insiden tersebut.

Minggu 25 November, Rusia menembaki, menaiki dan menyita tiga kapal AL Ukraina di Selat Kirch yang berada di perairan Krimea. Krimea adalah wilayah yang telah dianeksasi Rusia dari Ukraina beberapa tahun lalu. 

"(Laporan) itu akan sangat menentukan. Mungkin saya tidak akan pernah menggelar pertemuan tersebut," ucap Trump.

Baca: AS Peringatkan Rusia Terkait Krisis di Krimea

Moskow mengaku mulai melepaskan tembakan karena menilai tiga kapal Kiev melanggar batas wilayah perairan. 

Ukraina merespons dan mendesak agar ketiga kapal beserta semua kru dipulangkan. Ukraina juga meminta semua negara mitra untuk merespons Rusia, salah satunya dengan cara menjatuhkan atau meningkatkan sanksi.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyebut insiden di Selat Kerch adalah "provokasi nyata" dari Kiev. Ia juga menuduh Uni Eropa selama ini "secara buta" mendukung Ukraina.

Satu hari insiden di Krimea, Dewan Keamanan PBB menentang usulan adanya pembahasan terkait hal tersebut. Namun tak lama berselang, DK PBB memutuskan menggelar pertemuan darurat.


(WIL)