Pertama Kali, Trump Berbicara dengan Oposisi Venezuela

Fajar Nugraha    •    Kamis, 31 Jan 2019 09:49 WIB
konflik venezuelaas-venezuela
Pertama Kali, Trump Berbicara dengan Oposisi Venezuela
Juan Guaido didukung Donald Trump sebagai Presiden sementara Venezuela. (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara melalui telepon dengan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. AS mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

Sekitar 50 negara bergabung dengan Amerika Serikat mengakui Guaido sebagai pemimpin Venezuela. Tetapi Presiden Nicolas Maduro tetap mempertahankan kekuasaannya.

“Presiden Donald Trump berbicara dengan Presiden Interim Juan Guaido untuk memberikan selamat atas jabatan presiden. Presiden Trump menegaskan kembali dukungannya kepada Guaido untuk berjuang untuk demokrasi,” ujar Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders, dalam pernyataannya yang dikutip The Daily Signal, Kamis, 31 Januari 2019.

“Dalam ucapannya, Presiden Interim Guaido mengucapkan terima kasih kepada Trump atas komitmen Amerika Serikat untuk kebebasan dan kemakmuran di Venezuela. Dia juga menyuarakan pentingnya protes besar melawan Maduro yang akan berlangsung hari ini hingga Sabtu,” imbuh Sanders.

Sanders pun menambahkan, kedua tokoh itu sepakat melakukan komunikasi reguler demi stabilitas Venezuela dan tentunya membangun kembali hubungan bilateral AS dengan Venezuela.

Maduro yang masih mendapatkan dukungan dari militer, sebelumnya sudah mengumumkan pemutusan hubungan diplomastik dengan AS. Tetapi pemerintah AS menegaskan bahwa diplomat mereka akan tetap berada di Venezuela dan membantu pemerintahan interim.

 


(FJR)