Mata Badai Irma Hantam Kepulauan Selatan Florida

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 19:20 WIB
topan badai
Mata Badai Irma Hantam Kepulauan Selatan Florida
Wilayah pesisir Florida dilanda gelombang tinggi akibat Badai Irma, Minggu 10 September 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Florida: Mata dari Badai Irma menghantam sejumlah pulau selatan Florida, Amerika Serikat, Minggu 10 September 2017. Seperti dilansir BBC, Irma mendarat di Florida sebagai badai kategori empat. 

Memiliki kecepatan angin hingga 209 kilometer per jam, Irma akan menghantam beberapa pulau terluar dari selatan Florida, sebelum nantinya bertolak ke Gulf Coast di barat laut. 

Lebih dari 6,3 juta orang telah diperintahkan untuk pergi dari Florida. Otoritas AS menyebut badai sebesar Irma dapat "membahayakan" siapapun yang berada di jalur pergerakannya. 

Irma telah mengobrak-abrik beberapa bagian dari Karibia yang menewaskan sedikitnya 25 orang. 

Tiupan angin kencang di sekeliling mata badai diperkirakan berlangsung hingga dua jam ke depan di area Lower Florida Kyes, termasuk Key west. 

Semua warga yang ada di sana telah diperintahkan untuk pergi karena gelombang setinggi 4,6 meter kemungkinan dapat melanda area pesisir. 

Seorang pejabat lokal mengingatkan bahwa siapapun yang tetap berada di pulau saat Irma menerjang, maka itu "sama saja dengan bunuh diri."

Saat mata badai bergerak ke pulau utama Florida di utara, lebih dari 430 ribu rumah di negara bagian tersebut sudah kehilangan aliran listrik.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah memperingatkan semua warga untuk menyingkir dari jalur badai Irma. 

"Properti bisa diganti, namun nyawa tidak, keselamatan harus diutamakan," ujar Trump.

 


(WIL)