Tolak Panggilan Telepon Trump, Jaksa Senior AS Dipecat

Willy Haryono    •    Senin, 12 Jun 2017 12:20 WIB
donald trumppemerintahan as
Tolak Panggilan Telepon Trump, Jaksa Senior AS Dipecat
Preet Bharara menjadi jaksa federal senior di Manhattan semasa pemerintahan Barack Obama. (Foto: Getty)

Metrotvnews.com, New York: Seorang mantan jaksa federal New York mengaku telah dipecat Presiden Donald Trump setelah menerima serangkaian panggilan telepon darinya. 

Preet Bharara mengatakan kepada ABC News bahwa dirinya merasa beberapa panggilan telepon dari Trump telah melampaui batas pemisah antara pekerja eksekutif dan investigator kriminal independen.

Ia mengaku dipecat setelah menolak panggilan telepon ketiga dari Trump. Gedung Putih belum merespons komentar Bharara. 

Bharara, yang menjadi jaksa federal senior di Manhattan semasa pemerintahan Barack Obama, merasa Trump berusaha "menjalin semacam hubungan" dengan dirinya setelah pertama kali bertemu pada 2016. 

Namun Bharara mengaku hal tersebut "tidak pantas" dilakukan setelah Trump menjadi presiden. 

"Jumlah panggilan telepon dari Presiden Obama kepada saya dalam 7,5 tahun adalah nol," kata Bharara, seperti dilansir BBC, Senin 12 Juni 2017. 

"Angka panggilan telepon kepada saya dari presiden AS akan berjumlah nol karena harus ada semacam jarak dalam hubungan terkait yurisdiksi beragam orang," lanjut dia. 

Wawancara dengan Bharara muncul beberapa hari setelah testimoni dari mantan direktur FBI James Comey di hadapan senat. Comey mengaku Trump sempat meminta jaminan bahwa dirinya akan loyal sebelum dilantik. 

Trump membantah pengakuan tersebut dan melabeli Comey sebagai pria "yang sangat pengecut" karena membocorkan percakapan pribadi.


(WIL)