Trump Bela Calon Direktur CIA Pilihannya

Fajar Nugraha    •    Selasa, 08 May 2018 09:31 WIB
donald trumppemerintahan as
Trump Bela Calon Direktur CIA Pilihannya
Gina Haspel, calon Direktur CIA pilihan Donald Trump (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membela Gina Haspel, calon pilihannya untuk memimpin CIA. Nama Haspel mendapat tentangan keras dari pihak Demokrat.
 
Haspel dianggap terlibat dalam program interogasi tahanan yang keras, termasuk melibatkan penyiksaan. Bagi Trump, pihak Demokrat dinilai tidak suka dengan Haspel karena "terlalu keras melawan teror."
 
"Haspel mendapat kecaman karena ia terlalu keras melawan Teroris," ujar Trump dalam akun Twiternya, Senin 7 Mei 2018, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa 8 Mei 2018.
 
"Pada masa-masa yang sangat berbahaya ini, kita punya orang yang paling berkualitas, seorang perempuan, yang ingin digagalkan Partai Demokrat karena ia terlalu keras terhadap teror. Menangkan Gina!" tegas Trump.
 
Dua pejabat senior pemerintah AS pada Minggu mengatakan Haspel menawarkan diri untuk mundur dari pencalonannya. Kabar itu muncul di tengah kekhawatiran bahwa perdebatan mengenai program interogasi yang keras itu akan merusak reputasinya dan CIA.
 
Para pejabat lingkaran dalam Gedung Putih tengah mencari rincian tambahan mengenai keterlibatan Haspel dalam program CIA yang telah dihentikan.  Saat itu CIA menahan dan secara brutal menginterogasi para tersangka teror setelah 9/11 atau serangan 11 September 2001, menjelang sidang konfirmasi Haspel, Rabu 9 Mei waktu setempat.


(FJR)