Upacara Pemakaman Fidel Castro Dilakukan Pada 4 Desember

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 26 Nov 2016 18:35 WIB
fidel castro wafat
Upacara Pemakaman Fidel Castro Dilakukan Pada 4 Desember
Tokoh revolusi Kuba Fidel Castro akan dimakamkan pada 4 Desember (Foto: Reuters).

Metrotvnews.com, Havana: Pemerintah Kuba menyatakan bahwa upacara pemakaman tokoh revolusi, Fidel Castro akan dilaksanakan pada 4 Desember.
 
Sebelumnya Pemerintah Kuba juga sudah menetapkan masa berkabung selama sembilan hari mulai Sabtu 26 November.

(Baca: Tokoh Revolusi Kuba, Fidel Castro Wafat di Usia 90 Tahun).
 
"Mulai 26 November hingga 4 Desember, aktivitas publik dan hiburan akan dihentikan. Bendera nasional dikibarkan setengah tiang di gedung-gedung serta kantor militer," pernyataan pihak Pemerintah Kuba, seperti dikutip AFP, Sabtu (26/11/2016).
 
Sementara adik Fidel Castro yang kini menjabat sebagai Presiden Kuba, Raul Castro menyebutkan bahwa kakaknya akan dikremasi pada Sabtu 26 November waktu setempat.
 
"Abu Castro akan dimakamkan di Kota Santiago pada 4 Desember, setelah prosesi selama empat hari berlangsung," imbuh pihak Pemerintah Kuba.
 
Lahir di Biran, Kuba, 13 Agustus 1926 lalu, Fidel Castro berasal dari keluarga petani kaya. Dia dididik di sekolah Jesuit sebelum kuliah di Universitu of Havana jurusan hukum. 
 
Setelah bekerja sebagai pengacara selama tiga tahun, dia berencana untuk mencoba masuk ke parlemen pada 1952. Tetapi pemerintahan saat itu dijatuhkan oleh Jenderal Fulgencio Batista dalam sebuah kudeta.
 
Akibat kesehatan yang terus menurun, Castro menyerahkan kekuasannya kepada sang adik, Raul Castro pada 2008. Dia wafat pada Jumat 25 November pukul 22.29 malam waktu setempat.  

 


(FJR)