Kecurigaan Utama Penyebab Jatuhnya Pesawat di Kolombia

Fajar Nugraha    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:07 WIB
pesawat jatuh
Kecurigaan Utama Penyebab Jatuhnya Pesawat di Kolombia
Puing pesawat yang jatuh di Kolombia (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Medellin: Pesawat yang membawa tim sepakbola sebuah klub di Brasil yang jatuh pada Senin 28 November lalu, diduga kuat kehabisan bahan bakar.
 
Pejabat keamanan udara mulai menyelidiki jatuhnya pesawat LAMIA dengan nomor penerbangan 2933 di dekat Medellin, Kolombia. Lokasi jatuhnya pesawat bisa menentukan apa yang menyebabkan tragedi itu.
 
 
Kecelakaan ini menyebabkan 71 orang tewas,-sebelumnya jumlah korban tewas disebutkan 76 jiwa- termasuk skuat klub sepakbola asal Brasil Chapecoense. Tim itu tengah dalam perjalanan ke Kolombia untuk menjalani pertandingan final Copa Sudamericana.
 
"Tiga pemain, dua awak kabin dan satu jurnalis selamat dalam kejadian ini," ujar pihak berwenang Kolombia, seperti dikutip CNN, Rabu (30/11/2016).


Puing pesawat yang jatuh di Kolombia (Foto: AFP).

 
Tidak banyaknya api muncul di antara puing British Aerospace Avro RJ85, membuat para penyelidik mencurigai bahwa kurangnya bahan bakar menjadi penyebab jatuhnya pesawat. 
 
Istilah 'kelaparan bahan bakar' bisa terjadi saat tidak ada bahan bakar yang masuk ke mesin dan menyebabkan mesin tidak beroperasi. Hal ini bisa juga dipicu oleh kondisi lain seperti kebocoran bahan bakar, pembekuan internal serta kegagalan bahan bakar dipompa ke mesin atau bahkan kesalahan dari awak.
 
"Meskipun penyelidikan awal menunjukkan adanya kerusakan mekanis, kemungkinan pesawat kehabisan bahan bakar tidak bisa diabaikan," ujar Direktur Otoritas Penerbangan Sipil Kolombia, Alfredo Bocanegra.
 
Tetapi Bocanegra harus meyakinkan terlebih dahulu bahwa bahan bakar pesawat memang sudah habis, mengingat pesawat jatuh tidak jauh dari bandara. 
 
Pihak otoritas bandara Kolombia sendiri menolak memaparkan detail teknis. Foto Avro RJ85 bermesin empat ini, memperlihatkan puing tersebar di lokasi jatuh tanpa ada bekas api.
 
Kotak hitam pesawat berhasil ditemukan
 
Tim pencari dalam kecelakaan pesawat di Kolombia berhasil menemukan kotak hitam dari pesawat yang jatuh. (Baca: Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh di Kolombia Berhasil Ditemukan).
 
seorang pejabat Brasil yang mengikuti proses pencarian korban mengatakan, pilot mengajukan pendaratan darurat karena masalah mekanis, tetapi penyebab pasti jatuhnya pesawat masih belum diketahui.
 
"Kotak hitam dari pesawat bisa memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi. Rekaman data dan rekaman percakapan kokpit dari pesawat yang beroperasi sesaat sebelum jatuh, bisa membuka tabir tragedi ini," jelasnya.
 
Enam orang dinyatakan selamat dari kecelakaan ini. Sebelumnya, pihak berwenang Kolombia menyebutkan lima penumpang ditemukan selamat, tetapi satu korban lainnya ditemukan dalam kondisi hidup setelah terjebak di bawah badan pesawat.
 
Pesawat ini terbang dari Bolivia dengan tujuan Bandara José María Córdova di Rionegro dekat Medellin, Kolombia. Tim Chapecoense yang berada di dalam pesawat itu berangkat ke Kolombia untuk menjalani pertandingan final Copa Sudamerica di Medellin pada Rabu 30 November.  

 


(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA