Joe Biden Klaim Paling Layak Jadi Presiden AS

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 05 Dec 2018 16:01 WIB
amerika serikat
Joe Biden Klaim Paling Layak Jadi Presiden AS
Mantan Wapres AS joe Biden dalam sebuah acara di Philadelphia, AS, 11 November 2018. (Foto: AFP/Getty/WILLIAM THOMAS CAIN)

Washington: Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengklaim sebagai orang paling memenuhi syarat sebagai presiden. Dalam dua bulan ke depan, dia mengaku akan menentukan apakah maju atau tidak dalam pemilihan umum presiden 2020.

"Saya pikir saya orang yang paling layak menjadi presiden di negara ini," kata Biden di Universitas Montana, dikutip dari situs Yahoo News, Rabu 5 Desember 2018.

"Masalah yang negara kita hadapi saat ini sudah saya pahami sepanjang hidup saya," imbuh dia.

Jajak pendapat terbaru Politico menunjukkan mayoritas pemilih Partai Demokrat menyetujui Biden maju sebagai presiden. Data menunjukkan Biden sebagai pilihan utama di kalangan Demokrat, diikuti Senator Bernie Sanders, dan Beto O’Rourke.

Sementara jajak pendapat Reuters melaporkan temuan serupa, dengan Biden dan Sanders di dua posisi teratas diikuti Senator Kamala Harris, Cory Booker, dan Elizabeth Warren.

Baca: Wapres AS Joe Biden akan Calonkan Diri sebagai Presiden pada 2020

"Sebaiknya orang-orang tidak menjalankan pekerjaan (sebagai presiden) kecuali mereka benar-benar memenuhi syarat. Saya telah melakukan ini sepanjang kehidupan dewasa saya, dan isu-isu terpenting yang berkaitan dengan keluhan kelas menengah dan kebijakan luar negeri adalah bidang saya," tutur Biden.

Sanders juga mengatakan kepada salah satu media bahwa dirinya kandidat terbaik untuk mengalahkan Presiden Donald Trump. "Jika saya ternyata memang yang terbaik, saya akan maju dalam pemilihan (mendatang)," seru dia.

Pada 2016, Biden memutuskan tidak menantang Hillary Clinton sebagai kandidat dari Demokrat. Pernyataan ini disampaikan usai putranya meninggal pada 2015.

Presiden Trump pernah berkata akan menanti kesempatan untuk menghadapi Biden dalam pilpres 2020. "Saya bermimpi tentang Biden," kata Trump kepada CBS News awal tahun ini. "Itu adalah mimpi saya," lanjutnya.

Sementara itu, Biden mengatakan pada Senin lalu bahwa ia akan tetap mendukung calon dari Demokrat jika dirinya tidak menjadi capres.

"Terlepas dari apakah saya mencalonkan diri atau tidak, siapa pun yang dicalonkan (dari Demokrat), saya akan berusaha keras untuk memastikannya menang," kata Biden. 

"Kita tidak boleh membiarkan (Trump berkuasa) empat tahun lagi," pungkas dia.



(WIL)