1.000 Imigran Amerika Tengah Masuki Meksiko

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Jan 2019 12:00 WIB
imigranmeksiko
1.000 Imigran Amerika Tengah Masuki Meksiko
Imigran asal Honduras. (Foto: AFP)

Mexico City: Hampir 1.000 imigran asal Amerika Tengah telah memasuki Meksiko. Imigran ini berasal dari Honduras, El Salvador, Guatemala dan Nikaragua. Usai memasuki Meksiko, mereka akan berusaha untuk masuk ke Amerika Serikat. 

Menanggapi eksodus baru ini, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengupayakan pendekatan 'kemanusiaan' untuk masalah ini, salah satunya untuk membuka lapangan kerja bagi para imigran.

"Tetapi kami ingin Pemerintah Amerika Serikat (AS) juga membantu untuk memacu pembangunan ekonomi ini," kata Obrador, dikutip dari AFP, Jumat 18 Januari 2019.

Ketika sampai di Meksiko, para imigran akan memakai gelang agar mudah dipantau oleh pemerintah. Gelang harus tetap dipakai hingga mereka mendaftar ke otoritas resmi Meksiko.

Sesudah resmi terdaftar, imigran yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan visa khusus yang memungkinkan mereka bekerja di Meksiko atau melanjutkan perjalanan ke Amerika Serikat.

Sejauh ini, kata pihak imigrasi, para imigran yang memasuki Meksiko telah melakukannya dengan tertib dan tidak ada kerusuhan atau bentrokan yang terjadi.

Hingga saat ini, masih ada sekitar 700 orang yang menunggu di perbatasan Tecun Uman, Guatemala untuk menyeberang ke Meksiko. 

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard berencana untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo secepatnya untuk membicarakan soal imigan Amerika Tengah tersebut. 



(FJR)