Mattis Tegaskan kembali Kerja Sama Pertahanan AS dengan Qatar

Willy Haryono    •    Jumat, 07 Jul 2017 10:00 WIB
kisruh qatar
Mattis Tegaskan kembali Kerja Sama Pertahanan AS dengan Qatar
Menhan AS James Mattis di markas NATO di Brussels, Belgia, 29 Juni 2017. (Foto: AFP/VIRGINIA MAYO)

Metrotvnews.com, Washington: Menteri Pertahanan James Mattis menegaskan kembali kemitraan strategis di bidang pertahanan antara Amerika Serikat dengan Qatar, Kamis 6 Juli 2017. 

Pernyataan disampaikan Mattis di tengah kisruh diplomatik Qatar dengan sejumlah negara Teluk. 

Mattis, yang berbicara dengan Menhan Qatar Khaled bin Mohammad al-Attiyah via telepon, juga mendiskusikan status operasi kedua negara dalam melawan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Doha menyediakan tempat bagi Washington untuk mendirikan pusat komando di pangkalan udara Al-Udeid, di mana koalisi pimpinan AS melancarkan serangkaian serangan terhadap ISIS. 

"Menhan Mattis dan al-Attiyah menegaskan kembali komitmen mereka untuk melanjutkan kerja sama dan memperdalam kemitraan strategis antara AS dengna Qatar," ungkap pernyataan resmi dari Kemenhan AS atau Pentagon, seperti dilansir AFP

"Perlu adanya penurunan ketegangan sehingga semua mitra di kawasan Teluk dapat fokus dalam berbagai langkah demi mencapai tujuan bersama," lanjutnya.

Selain membicarakan kemitraan dan perang melawan ISIS, Mattis juga mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson akan berkunjung ke Kuwait -- salah satu negara yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar -- pada 10 Juli mendatang. 

Tillerson dijadwalkan bertemu otoritas Kuwait untuk membicarakan kisruh diplomatik negara Teluk. 

Arab Saudi memimpin blokade empat negara terhadap Qatar sejak bulan lalu. Blokade dilakukan di jalur darat, air dan udara. 

Riyadh dan sejumlah negara Teluk memutus hubungan diplomatik karena meyakini Qatar mendukung sejumlah grup teroris seperti Ikhwanul Muslimin. Qatar membantah semua tuduhan.

 


(WIL)