Voting Berakhir, Senat AS Sepakat Perdebatkan Pengganti Obamacare

Willy Haryono    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:12 WIB
donald trumppemerintahan as
Voting Berakhir, Senat AS Sepakat Perdebatkan Pengganti Obamacare
Sejumlah senator bertepuk tangan usai John McCain memberikan suara dukungannya untuk program pengganti Obamacare. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Washington: Senat Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan pemungutan suara terkait program pengganti asuransi kesehatan Obamacare, yang merupakan salah satu fokus dari Presiden Donald Trump.
 
Dalam voting yang ketat, seperti dikutip BBC, beberapa senator Partai Republik yang awalnya menentang pergantian, mengubah pendirian mereka. 

Beberapa upaya mendepak Obamacare sebelumnya telah gagal karena adanya perpecahan di internal Republik. 

Pada Selasa 25 Juli 2017 malam waktu  AS, Senat memulai proses debat yang diperkirakan memakan waktu hingga beberapa hari ke depan. Sembilan senator Republik menentang penggantian Obamacare. 

Sebelumnya, Trump telah mengingatkan para senator Republik mengenai konsekuensi yang mungkin terjadi jika upaya mengganti Obamacare tidak diupayakan maksimal. 

Partai Republik, yang membutuhkan mayoritas agar proses penggantian Obamacare dapat dilanjutkan, mengamankan 51 suara setelah Wakil Presiden AS Mike Pence memberikan suaranya. 

Senator John McCain, yang belum lama didiagnosis mengidap tumor otak agresif, mendapat tepuk tangan meriah usai kembali ke Kongres dan memberikan suara "iya."

Trump mengucapkan terima kasih atas voting, terutama kepada McCain, atas "peran krusial." "Selamat kepada semua Rep. Sekarang kita dapat menghadirkan asuransi kesehatan hebat kepada semua warga Amerika," tulis Trump di Twitter.

Apa yang akan terjadi dalam proses debat ke depan? Terdapat dua pilihan. 

Pertama adalah meloloskan undang-undang yang mengatur penggantian program Obamacare. Kedua, UU yang mengatur penggantian Obamacare dengan jeda dua tahun, dengan harapan akan dicapai kesepakatan sebelum masa tenggatnya berakhir. 


(WIL)