Topan Katia Reda Setelah Berkecamuk di Dekat Meksiko

Arpan Rahman    •    Sabtu, 09 Sep 2017 17:24 WIB
topan badai
Topan Katia Reda Setelah Berkecamuk di Dekat Meksiko
Warga Meksiko menerjang cuaca buruk yang dipicu Topan Katia (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Tecolutla: Topan Katia dengan cepat mereda, pada Sabtu 9 September, setelah melanda di dekat resor pantai kelas bawah Tecolutla di negara bagian Veracruz di pantai Teluk Meksiko. 
 
Pusat Badai Nasional (NHC) Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi Katia diturunkan kategorinya dari topan ke badai tropis di sekitar 175 km barat laut Veracruz, Meksiko. Anginnya menderu berkisar 70 km per jam, pusat tersebut memperingatkan melalui satu pengumuman.
 
Para pejabat negara bagian Veracruz mengatakan dalam sebuah pernyataan, pada Jumat 8 September, bahwa badai tersebut dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir. Mereka mendesak orang-orang yang tinggal di bawah perbukitan dan lereng harus bersiap untuk dievakuasi.
 
Luis Felipe Puente, kepala dinas darurat nasional Meksiko, berkata pekan ini bahwa Katia memiliki "karakteristik yang mengkhawatirkan". Karena bergerak sangat lamban dan bisa mencurahkan banyak hujan ke daerah-daerah yang telah kebanjiran dalam beberapa pekan terakhir.
 
Perusahaan minyak dan gas negara Pemex memiliki instalasi di dan sekitar pantai Veracruz. Namun perusahaan tersebut belum melaporkan adanya gangguan pada operasinya seperti dilansir AFP, Sabtu 9 September 2017.
 
Meksiko juga menghadapi bahaya akibat gempa dahsyat, pada Kamis malam. Gempa tersebut, yang terkuat menyerang negara tersebut dalam lebih dari 80 tahun, menewaskan sedikitnya 61 orang.
 
Saat Katia berhembus, Badai Irma, salah satu badai Atlantik paling kuat dalam satu abad, mengguncang pantai utara Kuba sebagai badai Kategori 5. Jutaan warga Florida diperintahkan mengungsi setelah badai tersebut menewaskan 21 orang di bagian timur Karibia dan menyebabkan bencana yang menghancurkan.
 
Sementara Badai Jose terus mengumpulkan kekuatan jauh di Atlantik dan mendekati Kategori 5 saat bergolak sekitar 700 km timur-tenggara Kepulauan Leeward Utara.



(FJR)