Trump Serukan Warga AS untuk Jaga Kesatuan

Willy Haryono    •    Kamis, 24 Nov 2016 13:01 WIB
donald trump
Trump Serukan Warga AS untuk Jaga Kesatuan
Donald Trump dalam sebuah acara di MSNBC. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Presiden terpilih Donald Trump mengakui kampanye pemilihan umum presiden yang "panjang dan brutal" telah memicu ketegangan di tengah masyarakat. Namun dia menyerukan kepada seluruh warga Amerika Serikat untuk bersatu demi negara. 

Dalam sebuah video yang diambil di klub golf Florida, Trump berkata: "Saya berdoa di momen Thanksgiving ini, kita akan mulai menyembuhkan perpecahan dan bergerak maju sebagai satu negara, yang diperkuat dengan tujuan yang sama."

"Kita baru saja melewati kampanye politik yang panjang dan brutal. Emosi dan ketegangan tidak akan hilang dalam semalam," sebut Trump, seperti dilansir Telegraph, Rabu (23/11/2016).

Trump meminta masyarakat untuk fokus bergerak maju dan membantu dirinya membawa perubahan nyata ke arah yang lebih baik. 

"Ini saatnya kita membawa perubahan ke Washington, keamanan bagi anak-anak kita dan kesejahteraan bagi masyarakat kita," ungkap Trump.

Di hari yang sama, Trump mengumumkan telah memilih Nikki Haley untuk menjadi Duta Besar AS untuk Persatuan Bangsa-Bangsa. Haley adalah gubernur wanita pertama di South Carolina, yang pernah menjadi kritikus Trump. 

Pemilihan Haley dinilai sebagai upaya Trump mementahkan tuduhan bahwa dirinya memandang rendah wanita secara umum. 

Haley merupakan putri dari imigran India dan secara terbuka bersikap kritis terhadap pendirian Trump soal keimigrasian dan Muslim.



(WIL)