Pilih Tokoh Rasis Bekerja di Gedung Putih, Trump Kembali Didemo

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 11:09 WIB
pemilu as
Pilih Tokoh Rasis Bekerja di Gedung Putih, Trump Kembali Didemo
Unjuk rasa yang menentang Stephen Bannon bekerja di Gedung Putih (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Warga Amerika Serikat (AS) kembali turun ke jalan untuk memproters persiden terpilih Donald Trump atas penunjukkan Stephen Bannon sebagai kepala kebijakan strategis Gedung Putih.

Stephen Bannon adalah seorang tokoh aliran kanan yang cukup rasis di AS. Warga khawatir langkah tersebut akan memberi tempat istimewa bagi gerakan nasionalis kulit putih di Gedung Putih. 

Reli unjuk rasa dimulai sekitar pukul 19.00 malam waktu setempat dari Spring Street memasuki Balai Kota Los Angeles dan terus berlangsung hingga 22.00 malam. Namun, sebagian warga telah dibubarkan oleh polisi setempat.



"Protes berjalan damai dan tidak ada kericuhan juga penangkapan," kata polisi Los Angeles, seperti dikutip Los Angeles Times, Jumat (18/11/2016).

Gerombolan warga AS ini mengutuk Bannon, yang dituduh menjadi pemimpin anti-wanita, anti-warga kulit hitam dan anti-Semitisme.

"Trump mengatakan, pekan lalu, bahwa ia akan menjadi presiden bagi semua orang, namun ia menunjuk seseorang yang rasis!" teriak seorang pengunjuk rasa.

Pengunjuk rasa lainnya membawa spanduk bertuliskan 'Trump Bodoh' dan juga disertai foto Trump dan Bannon.

"Kami ingin presiden terpilih untuk memilih yang berkualitas dan tidak rasis!" teriak salah satu pengunjuk rasa sambil mengacungkan poster.

Sebelumnya, Bannon adalah kepala eksekutif dari tim kampanye Trump sejak Agustus. 

 


(FJR)