Temui Merkel, Trump Terkesan Enggan untuk Berjabat Tangan

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 18 Mar 2017 11:39 WIB
amerika serikat
Temui Merkel, Trump Terkesan Enggan untuk Berjabat Tangan
Pertemuan Donald Trump dan Angela Merkel di Ruang Oval Gedung Putih (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menerima Kanselir Jerman Angela Merkel di Gedung Putih pada Jumat 17 Maret waktu Washington. Namun ada kejadian menarik dalam pertemuan itu.
 
Berada di dalam Ruang Oval Gedung Putih, jurnalis foto dan televisi yang berada di ruangan meminta kedua pemimpin untuk berjabat tangan. Namun tampak Trump justru mengacuhkan jabat tangan itu.
 
Wajah Trump yang tampak tegang justru melontarkan lelucon kepada pers. "Kirim foto yang bagus ke Jerman, pastikan itu," tutur Trump kepada fotografer yang hadir, seperti dikutip CNN, Sabtu 18 Maret 2017.
 
Trump menyebutkan pertemuan dengan Kanselir berjalan dengan baik. Mereka juga membahas banyak hal.
 
 
Namun ketika diminta untuk berjabat tangan oleh jurnalis, baik Trump dan Mereka tetap diam. Tidak diketahui apakah kedua pemimpin itu mendengar permintaan ini, dan keduanya berjabat tangan ketika Merkel tiba di Gedung Putih dan menjabat tangan usai memberikan konferensi pers.
 
Ketegangan antara pemimpin AS dan Jerman ini muncul di saat Trump berulangkali mengecam Merkel, khususnya saat kampanye Presiden AS. Trump menyebut Merkel menghancurkan Jerman dengan kebijakan imigran.
 
Sementara Merkel yang dekat dengan mantan Presiden Barack Obama, merasa khawatir dengan komentar negara Presiden Trump mengenai NATO dan Uni Eropa.
 
Terlepas dari isu yang muncul, tidak adanya jabat tangan di dalam Ruang Oval, menimbulkan tanda tanya.
 
Sebelumnya saat melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jerman Shinzo Abe, Trump menjabat tangannya selama 19 detik. Pengusaha properti itu juga menjabat tangan Perdana Menteri Kanada Justrin Trudeau tanpa ada insiden.



(FJR)