Menlu AS Minta Tiongkok Implementasikan Penuh Sanksi Korut

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Jun 2018 11:34 WIB
korea utaraAmerika Serikat-Korea Utara
Menlu AS Minta Tiongkok Implementasikan Penuh Sanksi Korut
Menlu AS Mike Pompeo (kiri) berjabat tangan dengan Menlu Tiongkok Wang Yi di Beijing, 14 Juni 2018

Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo meminta Tiongkok mengimplementasikan penuh sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dijatuhkan kepada Korea Utara atas program nuklir dan misil balistik.

Dalam Sambungan telepon dengan Menlu Tiongkok Wang Yi, Jumat 29 Juni 2018, Pompeo menekankan kembali mengenai tujuan bersama atas denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea.

"Menekankan kembali pentingnya penerapan penuh seluruh resolusi relevan DK PBB terkait Korut, terutama yang berhubungan dengan ekspor ilegal batubara dan minyak tanah melalui skema transfer dari kapal ke kapal," tulis pernyataan Kemenlu AS.

Masih dari percakapan dengan Menlu Wang, Pompeo menyebut Korut memiliki "masa depan cerah" jika melakukan denuklirisasi.

Pompeo hadir dalam pertemuan Senat beberapa hari lalu dan mengatakan bahwa implementasi sanksi terhadap Korut merupakan prioritas utama pemerintahan Trump.

Dia menambahkan Tiongkok terlihat telah sedikit melonggarkan penerapan sanksi di sepanjang perbatasannya dengan Korut dalam kurun waktu enam hingga 12 bulan terakhir.


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

8 hours Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA