AS Bekukan Dialog dengan Rusia Terkait Konflik Suriah

Willy Haryono    •    Selasa, 04 Oct 2016 15:04 WIB
krisis suriah
AS Bekukan Dialog dengan Rusia Terkait Konflik Suriah
Pasukan rezim Suriah berkumpul dekat RS Kindi di Aleppo, 2 Oktober 2016. (Foto: AFP/GEORGE OURFALIAN)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) membekukan dialog bilateralnya dengan Rusia terkait upaya menghidupkan kembali gencatan senjata dalam konflik berdarah di Suriah. 

AS menuduh Rusia terus mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad yang menggempur habis-habisan Aleppo. Serentetan serangan Suriah yang didukung Rusia di kota tersebut telah menewaskan banyak warga sipil. 

"Kesabaran semua pihak terhadap Rusia sudah habis," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest di hadapan awak media, seperti disitat AFP, Senin (3/10/2016).  

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Menlu John Kerry sedang mencari solusi konflik Suriah melalui beberapa saluran diplomatik. Namun percakapan Kerry dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov -- yang biasanya terjadi hampir setiap hari -- sudah berakhir. 

"Ini bukan keputusan mudah bagi kami," ujar jubir Kemenlu John Kirby, yang juga mengumumkan pembatalan rencana militer gabungan AS-Rusia di Suriah. 

Sementara itu di Persatuan Bangsa-Bangsa, Rusia menentang kerangka resolusi PBB yang menginginkan adanya gencatan senjata di Aleppo. Moskow menilai gencatan senjata "tidak akan berguna" di Aleppo, dan bersikukuh solusi terbaik adalah memerangi para ekstremis yang ada di sana. 

Kerry pernah mengingatkan bahwa gencatan senjata pada 12 September -- yang berakhir gagal belum lama ini -- sebagai harapan terakhir dalam mengakhiri konflik berkepanjangan di Suriah. 

PBB menilai menilai situasi di Aleppo saat ini sebagai "musibah kemanusiaan." 

Meski dihujani serangan udara, sejumlah anak kecil di Aleppo tetap bersemangat bersekolah. Mereka tetap berangkat ke sekolah meski sering terlambat karena harus terlebih dahulu menunggu situasi aman.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA