Meksiko Tangkap Pelaku Pembantaian 43 Murid Sekolah

Sonya Michaella    •    Selasa, 13 Mar 2018 12:21 WIB
geng meksiko
Meksiko Tangkap Pelaku Pembantaian 43 Murid Sekolah
Demo dari keluarga korban menuntut penyelidikan hilangnya 43 murid sekolah. (Foto: AFP)

Mexico City: Meksiko telah menangkap seorang tersangka geng narkoba yang dianggap sebagai tokoh kunci dalam penculikan dan pembantaian 43 murid sekolah yang terjadi tiga setengah tahun lalu.

Kekejaman tersebut sempat menjatuhkan pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto dan disebut sebagai krisis terburuk pemerintah. Pasalnya, penyelidikan tak kunjung dilancarkan untuk kasus ini.

"Tersangka merupakan pentolan geng kriminal dan narkoba. Dia bernama Erick N," sebut pernyataan dari kantor jaksa agung, dikutip dari AFP, Selasa 13 Maret 2018.

Hingga saat ini, pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar 1,5 juta Peso atau setara dengan Rp1 miliar untuk menangkap para tersangka.

Investigasi awal menunjukkan bahwa puluhan korban diculik oleh seorang mantan polisi yang terlibat korupsi, kemudian diserahkan kepada geng narkoba setempat.

43 murid ini dibunuh, lalu jasadnya dibakar di pembuangan sampah, dan abunya dilemparkan ke sungai.

Belum diketahui apa sebenarnya alasan di balik penculikan 43 murid sekolah tersebut.

Awal bulan ini, jaksa penuntut yang bertanggung jawab atas kasus tersebut mengatakan, pihak berwenang Meksiko siap untuk menangkap belasan orang yang terlibat dalam pembantaian itu.

Insiden ini ditanggapi pula oleh Komisioner Tingi HAM dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Zeid Ra'ad al-Hussein yang mengaku segera menerbitkan laporan terkait kasus pembantaian tersebut.


(FJR)