Dua WNI Terduga Perusak Artefak di Meksiko Dibebaskan

Sonya Michaella    •    Minggu, 07 Oct 2018 12:00 WIB
meksikowni ditangkap
Dua WNI Terduga Perusak Artefak di Meksiko Dibebaskan
Salah satu artefak di Museum La Venta, Meksiko. (Foto: Remezcla/zoeplatek)

Mexico City: Setelah lebih dari 48 jam ditahan, dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang dituding merusak benda kuno di Museum La Venta, Meksiko, dibebaskan. Mereka tidak terbukti merusak sejumlah artefak kuno.

Sejak keduanya ditahan, KBRI Mexico City sudah memberikan pendampingan dan juga penerjemah. KBRI juga sempat meminta bantuan seorang WNI yang tinggal di Villahermosa dan seorang pengacara untuk melakukan pembelaan.

Baca: Dua WNI Rusak Benda Kuno di Museum Meksiko

"Saat ini mereka sudah bebas. Rencananya mereka akan wisata di Meksiko selama 10 hari," kata pejabat konsuler KBRI Mexico City Rendra Kusumawardhana, kepada Medcom.id, Minggu 7 Oktober 2018.

Selama proses pra-peradilan, pihak museum tidak punya cukup bukti bahwa dua WNI ini menetesi sekitar 15 benda kuno dengan minyak.

Dari saksi dan bukti yang ada, sang penjaga museum juga tidak dapat membuktikan dengan jelas bahwa dua WNI ini merusak benda kuno di museum.

Karena bukti-bukti yang diberikan pihak museum dinilai lemah, pada 6 Oktober 2018 dini hari waktu setempat, dua WNI tersebut dibebaskan. Mereka akan melanjutkan wisata di Meksiko sebelum nantinya kembali ke Tanah Air.


(WIL)