Badai Tropis Franklin Dekati Veracruz Meksiko

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Aug 2017 09:10 WIB
topan badai
Badai Tropis Franklin Dekati Veracruz Meksiko
Petir menyambar di Mexico City saat Badai Tropis Franklin tiba di negara bagian Quintana Roo. (Foto: CNN)

Metrotvnews.com, Veracruz: Badai Tropis Franklin semakin menguat dan akan menjadi angin topan Kategori 1 pada Rabu 9 Agustus 2017 waktu setempat, dengan kecepatan angin mencapai 120 kilometer per jam. 

Menurut laporan Pusat Badai Nasional, seperti dikutip CNN, Franklin yang menjadi badai Atlantik pertama di musim ini diperkirakan tiba di negara bagian Veracruz, Meksiko, pada Rabu malam. 

Franklin sedang bergerak di area Bay of Campeche di wilayah selatan Teluk Meksiko pada Rabu petang. 

Saat masih menjadi badai tropis, Franklin melanda pesisir timur dari Semenanjung Yucatan Meksiko. Badai tersebut menghantam Belize dan Semenanjung Yucatan dengan hujan deras dan angin kencang. 

Topan ini akan bergerak ke arah barat dan terus menguat di sepanjang pesisir. Namun Franklin akan melemah dengan cepat setelah mendarat di Meksiko. 

Franklin diprediksi memicu hujan dengan kerapatan 3 hingga 6 inci. Di beberapa area, kerapatannya dapat mencapai 12 inci sehingga rentan memicu banjir bandang. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi Nasional Belize mengeluarkan peringatan bagi kapal nelayan untuk tidak melaut di tengah hujan deras dan badai petir.



(WIL)